KPPN Rantau Prapat Gelar Sosialisasi Langkah Akhir Tahun 2024

KPPN Rantau Prapat Gelar Sosialisasi Langkah Akhir Tahun 2024

Terkini | asahanraya.inews.id | Senin, 14 Oktober 2024 - 19:10
share

LABUHANBATU, iNewsAsahanRaya.id - KPPN Rantau Prapat mengadakan kegiatan sosialisasi langkah-langkah akhir tahun anggaran 2024 dan press release Triwulan III Tahun 2024 yang berlangsung di aula KPPN setempat, Selasa (8/10/2024) Kegiatan itu dihadiri oleh seluruh satuan kerja di wilayah KPPN Rantau Prapat dan bertujuan untuk memberikan arahan kepada seluruh satuan kerja agar proses pencairan dana tidak menumpuk di akhir tahun.

Puji Hartoyo, Kepala KPPN Rantauprapat kepada iNews.id Minggu (13/10/2024) menyampaikan sosialisasi ini juga memfokuskan pada pentingnya perencanaan kas yang baik untuk menjaga kelancaran proses pengelolaan keuangan negara.

Sementara capaian anggaran hingga September 2024, Puji menjelaskan, dari total pagu anggaran sebesar Rp 3,5 triliun, realisasi belanja mencapai Rp 2,6 triliun. Realisasi belanja pemerintah pusat sebesar Rp 423 miliar, atau 72 persen, sementara penyaluran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) mencapai Rp 2,18 triliun atau 74 persen.

"Melalui sosialisasi ini, KPPN Rantau Prapat berharap seluruh satuan kerja dapat mematuhi ketentuan yang ada sehingga pengelolaan keuangan negara di wilayahnya berjalan lancar dan akuntabel," katanya.

Kepala Seksi PDMS, Arya Sembada, menjelaskan pentingnya perencanaan kas yang matang untuk membantu negara dalam mengelola keuangan dan menentukan kebijakan pembiayaan ke depannya. Pejabat Fungsional PTPN Terampil, Kamil, juga memberikan informasi terkait tanggal dan batas waktu penyampaian data kontrak serta Surat Perintah Membayar (SPM).

Ferhat Akbar, Kepala Seksi Verifikasi Akuntansi dan Kepatuhan Internal, menambahkan bahwa batas waktu penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Bendahara (LPJ) dan rekonsiliasi juga harus diperhatikan oleh satuan kerja. Ia mengharapkan adanya laporan keuangan yang berkualitas di akhir tahun anggaran ini.

Topik Menarik