Kepala Otorita IKN dan Wakil Kepala Otorita Bambang Susantono-Dhony Rahajoe Kompak Mengundurkan Diri

Kepala Otorita IKN dan Wakil Kepala Otorita Bambang Susantono-Dhony Rahajoe Kompak Mengundurkan Diri

Berita Utama | kutai.inews.id | Senin, 3 Juni 2024 - 11:40
share

JAKARTA, iNewsKutai.id - Kabar mengejutkan datang dari Badan Otoritas Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakilnya Dhony Rahajoe kompak mundur dari jabatannya. 

Surat pengunduran diri keduanya sudah diterima Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kabar pengunduran diri Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada hari ini. 

"Ini terkait dengan kepemimpinan di Otorita IKN Nusantara. Presiden sudah menerima surat pengunduran diri Kepala Otorita Bambang Susantono dan wakilnya Dhony Rahajoe," ujar Pratikno dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (3/6/2024).

Dia memaparkan, awalnya Presiden Jokowi menerima surat pengunduran dari Dhony Rahajoe selaku wakil Kepala Otorita IKN. Tidak lama kemudian, giliran Bambang Susantono mengajukan surat yang sama.

Surat pengunduran diri tersebut kemudian ditindaklanjuti Presiden Jokowi dengan menerbitkan keputusan presiden (Keppres) tentang pemberhentian Bambang dan Dhony secara hormat. 

"Hari ini telah terbit keputusan presiden tentang pemberhentian dengan hormat Bambang Susantono sebagai kepala Otorita IKN dan juga bapak Dhony Rahajoe sebagai wakil kepala Otorita IKN. Disertai ucapan terimakasih terimakasih atas pengabdian beliau-beliau," jelasnya.

Sebagai pengganti, Jokowi menunjuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai Plt Kepala Otorita IKN Nusantara dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni sebagai Wakil Kepala Otorita. 

 

"Presiden menunjuk menteri PUPR Pak Basuki sebagai Plt kepala Otorita IKN dan juga mengangkat wakil menteri ATR wakil kepala BPN sebagai wakil otorita IKN," kata Pratikno.

Bambang Susantono dan Donny Rahajoe sebelumnya dilantik sebagai Kepala-Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara pada Kamis (10/3/2022). 

Bambang dan Dhony disebut sebagai kombinasi yang baik untuk memimpin IKN. Mereka memiliki pengalaman yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan Presiden Jokowi. 

Bambang Susantono dikenal sebagai pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi di Indonesia. Tahun 2009, Bambang diangkat menjadi Wakil Menteri Perhubungan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Amanah tersebut diemban Bambang hingga masa pemerintahan SBY berakhir pada 2014. Bambang juga sempat menjadi Plt Menteri Perhubungan pada 1–20 Oktober 2014 menggantikan EE Mangindaan yang terpilih sebagai anggota DPR. 

Sementara Donny tercatat sebagai Managing Director President Office Sinar Mas Land. Sinar Mas merupakan salah satu pengembang properti terbesar di Indonesia.  

Artikel ini telah tayang di inews.id

Topik Menarik