Erick Thohir Bongkar Akar Masalah Maarten Paes Belum Gabung Timnas Indonesia

Erick Thohir Bongkar Akar Masalah Maarten Paes Belum Gabung Timnas Indonesia

Berita Utama | inews | Senin, 3 Juni 2024 - 21:30
share

JAKARTA, iNews.id – Maarten Paes belum bisa bergabung dengan Timnas Indonesia hingga detik ini. Ketua Umum PSSI Erick Thohir angkat bicara.

Maarten Paes sejatinya sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Namun, kiper FC Dallas itu belum bisa membela Timnas Indonesia karena proses perpindahan federasi dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI belum tuntas.

Hal itu karena adanya sengketa terkait waktu pertandingan terakhir yang dimainkan Maarten Paes bersama Belanda U-21. Dia pernah membela tim muda De Oranje kala menghadapi Belarusia pada Kualifikasi Euro U-21 2021 pada November 2020.

Saat dimainkan Belanda pada laga melawan Belarusia dia sudah berusia 22 tahun. Itu bertentangan dengan Statuta FIFA Pasal ke-9 tentang Perpindahan Asosiasi huruf b ayat ketiga.

"Ketika diturunkan dalam pertandingan resmi terakhirnya dalam kompetisi apa pun untuk asosiasinya, ia belum menginjak usia 21 tahun," bunyi pasal dalam Statuta FIFA itu.

Hal itu membuat PSSI akan melakukan langkah dengan mengurus administrasinya ke Pengadilan Arbitrasi Olahraga (CAS) agar kiper berpostur jangkung itu dapat segera memperkuat Timnas Indonesia.

“Kita perlu proses lagi dan kita kayaknya harus bawa ke CAS karena ada sengketa bahwa dia itu tanding terakhir di bulan November 2020,” kata Erick di Jakarta pada Minggu (2/6/2024).

“Tapi sebenarnya game-nya bulan Maret, karena ada Covid-19 jadi dimundurkan (pertandingannya),” sambungnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu cukup yakin akan menang dalam banding tersebut. Maka dengan begitu, Maarten Paes bisa segera menjalani debutnya bersama Skuad Garuda.

“Jeda waktu yang lama ini FIFA masih belum melihat ini sesuatu yang dimudahkan. Jadi kita akan coba ke CAS, kita lihat siapa yang menang,” tandas Erick.

Kehadiran Maarten Paes memang sangat dinantikan. Pasalnya, dia akan menjadi sosok yang ideal untuk bersaing dengan Ernando Ari, sang penjaga gawang utama Timnas Indonesia. 

Topik Menarik