Indonesia Juara 3 Piala AFF U-16 2024, Gulung Vietnam 5-0

Indonesia Juara 3 Piala AFF U-16 2024, Gulung Vietnam 5-0

Berita Utama | sindonews | Rabu, 3 Juli 2024 - 16:58
share

JAKARTA – Timnas Indonesia U-16 menjadi ketiga Piala AFF U-16 2024 usai menumbangkan Vietnam di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (3/7/2024) sore.

Pada laga ini, Nova Arianti melakukan beberapa pergantian pemain. Dafa Setiawarman diberi kepercayaan di bawah mistar. Ada juga Dafa Zaidan Lucas Lee, Fandi Ahmad, dan Andi Faith yang dimainkan sejak awal.

Indonesia dan Vietnam masih buntu hingga setengah jam pertandingan. Garuda Muda baru mendapat peluang via tendangan bebas pada menit ke-36. Pelanggaran pemain belakang Vietnam pada Fabio Azka Irawan membuahkan tendangan bebas.

Zahaby Gholy menjadi eksekutor, berusaha untuk melakukan eksekusi langsung ke gawang Vietnam. Sial bagi Indonesia, tembakan Gholy masih melambung jauh.

Vietnam mendapat peluang pada menit ke-43. Tembakan jauh dari Nguyen Thai Hoa masih belum menemui sasaran.

Indonesia mampu memecah kebuntuan pada menit ke-45. Menerima umpan terobosan, Gholy bisa mengeksekusi bola dengan jitu untuk membawa Indonesia unggul 1-0.

Keunggulan Indonesia membesar pada masa injury time babak pertama. Dafa Zaidan yang menjadi pencetak golnya dengan tendangan keras. Skor itu bertahan hingga turun minum.

Sebelumnya, Indonesia dan Vietnam sudah pernah dua kali berhadapan pada laga perebutan tempat ketiga di Piala AFF U-16. Hasilnya, Indonesia selalu menang dan Vietnam sekali menang.

Susunan pemain

Vietnam: Xoa Hua Tin; Nguyen Manh Cuong, Nguyen Hong Quang, Le Tan Dung, Pham Duy Long, Tran Dong Thuc; Nguyen Thai Hoa, Chu Ngoc Nguyen, Bui Duy Dang; Tran Thanh Binh, Nguye Thai Hieu

Indonesia: Dafa Al Gasemi; Dafa Zaidan, Ida Bagus Putu Cahya, I Putu Panji Apriawan, Andi Faith Jamaludin, Fabio Azkairawan; Lucas Lee, Tristan Raissa, Zahaby Gholy; Josh Holong, Fandi Ahmad

Topik Menarik