Pecahkan Rekor Dunia, Ratusan Perenang Antar-Pulau Bentangkan Merah Putih di Lautan

Pecahkan Rekor Dunia, Ratusan Perenang Antar-Pulau Bentangkan Merah Putih di Lautan

Berita Utama | okezone | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 01:45
share

BANDARLAMPUNG - Ratusan perenang Lampung tergabung dalam Komunitas Perenang Antar Pulau berenang sejauh 8,3 kilometer di laut lepas dengan membawa bendera merah putih selebar 5x20 meter dalam peringatan HUT ke-79 RI . Mereka berhasil pecahkan rekor dunia dan dicatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI).

Para perenang tersebut mulai berenang dari Pantai Gunung Kunyit, Kota Bandarlampung menuju Pantai Mutun, Kabupeten Pesawaran. Bendera merah putih dengan lebar 5x20 meter dibentangkan di atas laut dengan diikat pelampung pada setiap sisinya sebelum akhirnya diseret dengan cara berenang oleh para perenang.

Ketua Komunitas Perenang Antar Pulau Lampung, Napoli Sitomurang mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk komunitasnya untuk memperingati HUT ke-79 Republik Indonesia.

"Jadi di sini kami Komunitas Perenang Antar Pulau Lampung mengadakan suatu kegiatan yang menurut kami bisa membuat suatu yang menginspirasi barangkali, semoga bisa menginspirasi daerah lain terkait bagaimana juga Dispora nanti mengembangkan suatu kegiatan olahraga yang lain," ujarnya, Sabtu (17/8/2024).

Napoli menyebutkan, dalam kegiatan ini juga terdapat peserta yang berasal dari luar daerah Lampung seperti dari Jakarta, Semarang, Banten dan Palembang.

"Mereka yang datang ke sini, kami ajak ke sini melihat bagaimana di Lampung tidak hanya terkenal dengan yang lain-lain, yang jelek-jeleknya, tapi juga bisa berprestasi. Mereka bisa datang ke Lampung dengan aman, di darat aman, di laut pun aman, tadi kita sudah nyeberang dari Pantai Kunyit sampai ke sini Pantai Mutun tanpa suatu halangan apa-apa," ujarnya.

Di lokasi yang sama, Andre Purwandono selaku Senior Customer Relation Manager MURI menyatakan, kategori yang dinilai oleh MURI yakni jarak tempuh oleh para perenang.

"Jadi yang kami ukur pada hari ini adalah jarak terjauhnya, bukan perenangnya, bukan waktu tercepatnya, tetapi jarak dari mulai Pantai Kunyit sampai Pantai Mutun dan itu tercatat sebanyak 8,3 Km jauhnya," tuturnya.

Andre meyakini, rekor yang dicatatkan hari ini oleh Komunitas Perenang Antar Pulau merupakan rekor dunia. "Ini merupakan rekor dunia. Kenapa rekor dunia? karena kami yakin yang dapat membawa bendera merah putih dengan jarak 8,3 KM ini hanya ada di Bandarlampung, Provinsi Lampung, Pesawaran dan ini dilakukan oleh Komunitas Perenang Antara Pulau di Lampung dan ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa dan patut kami apresiasi," katanya.

Topik Menarik