4 Cara Memuliakan Alquran, Salah Satunya Mengajarkannya ke Orang Lain

4 Cara Memuliakan Alquran, Salah Satunya Mengajarkannya ke Orang Lain

Berita Utama | okezone | Kamis, 29 Agustus 2024 - 12:50
share

CARA memuliakan Alquran sangat penting diketahui setiap umat manusia. Diketahui bahwa Alquran memiliki kedudukan yang sangat tinggi. Alquran merupakan wahyu dari Allah Subhanahu wa Ta'ala, Rabbul-'alamin, Penguasa alam semesta, Dzat yang Mahakuasa atas segala sesuatu.

Tujuan diturunkannya Alquran dijelaskan dalam firman Allah Subhanahu wa Ta'ala:

"Maha Suci Allah yang telah menurunkan Al Furqan ( Alquran ) kepada hamba-Nya agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam." (Quran Surat Al Furqn Ayat 1)

Dikutip dari Almanhaj.or.id , Ustadz Abu Suda Eko Mas'uri menerangkan Alquran diturunkan kepada umat manusia paling agung dan mulia semenjak Allah Subhanahu wa Ta'ala menciptakan manusia yang pertama hingga terakhir. Pemimpin sekaligus pemimpin para nabi dan rasul. Beliau adalah Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam.

Alquran diturunkan dengan perantara makhluk yang taat kepada Allah, yaitu malaikat, bahkan merupakan malaikat terbaik dan pemimpin para malaikat. Dialah Malaikat Jibril.

Allah Ta'ala berfirman:

"Sesungguhnya Alquran itu benar-benar firman (Allah yang dibawa oleh) utusan yang mulia (Jibril), yang mempunyai kekuatan, yang mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah yang mempunyai 'Arsy, yang ditaati di sana (di alam malaikat) lagi dipercaya." (QS At-Takwir: 1921)

Alquran juga diturunkan pada waktu yang sangat mulia, yaitu bulan Ramadhan. Bahkan malam diturunkan Alquran merupakan Lailatul-Qadr, malam yang lebih baik dari 1.000 bulan.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan." (QS Al Qadr: 1)

Kemuliaan lainnya dari Alquran yaitu akan tetap terjaga kemurniaannya hingga hari kiamat. Dan, masih banyak lagi keistimewaan yang terdapat dalam kitab suci Alquran.

Topik Menarik