5 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Milik Pangeran Saudi Nyaris Rp10 Triliun

5 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Milik Pangeran Saudi Nyaris Rp10 Triliun

Berita Utama | inews | Kamis, 29 Agustus 2024 - 18:42
share

JAKARTA, iNews.id - Deretan jet pribadi termahal di dunia menjadi informasi menarik untuk diketahui belakangan ini. Pesawat dengan fasilitas mewah tersebut biasanya dimiliki atau disewakan oleh perusahaan kepada kalangan elite.

Jet pribadi tak harus pesawat yang dimiliki dan digunakan secara pribadi oleh orang tertentu atau keluarga. Pemahaman jet pribadi adalah pesawat milik pemerintah atau swasta yang didesain khusus untuk kalangan terbatas guna menunjang perjalanan tugas, bisnis, atau sekadar liburan.

Pesawat seperti ini umumnya masuk sebagai penerbangan tak terjadwal, berbeda dengan pesawat komersial. Dengan begitu seseorang yang melakukan penerbangan menggunakan jet pribadi bisa merasakan kenyamanan sekaligus menghemat waktu secara signifikan. 

Selain itu pesawat ini biasanya dirancang untuk mengangkut kelompok kecil, mulai 4 hingga puluhan orang saja. 

Namun, jet pribadi bukan pesawat murah. Untuk bisa memiliki satu unit jet pribadi harus merogoh kocek sangat tinggi, sebanding dengan fasilitas mewah, kenyamanan, bahkan fitur-fitur keamanannya.

Lima jet pribadi termahal di dunia seperti dikutip dari Jetfinder:

1. Boeing 747-200B Air Force One

Tidak mengherankan jika pesawat ini menjadi satu jet paling terkenal di planet, bahkan termahal. Boeing 747-200B ditaksir memiliki nilai 660 juta dolar AS atau sekitar Rp10,2 triliun (kurs saat ini).

Air Force One juga menjadi simbol kepresidenan AS yang diakui di seluruh dunia. Di dalamnya terdapat ruang medis, lengkap dengan ruang operasi serta tim medis yang selalu sedia. 

Selain itu ada pula ruang konferensi, dua dapur, serta beberapa tempat tidur. Semua ini tersebar di tiga dek seluas 4.000 kaki persegi.

2. Airbus A380 Pangeran Saudi

Jet pribadi termahal yang pernah dibuat adalah Airbus A380 yang dimodifikasi untuk pangeran Arab Saudi AlWaleed Bin Talal Al Saud. Meskipun harga pastinya tidak diketahui, namun diperkirakan mencapai 600 juta dolar AS atau sekitar Rp9,2 triliun.

Menurut Jet Base, Airbus A380 awalnya dibeli seharga 400 juta dolar, namun ada tambahan 200 juta untuk dekorasi ulang dan perombakan besar-besaran pada interior.

3. Airbus A340-300-350 Miliarder Rusia

Jet pribadi termahal selanjutnya dimiliki orang terkaya di Rusia, Alisher Usmanov dengan nilai lebih dari 500 juta dolar AS. Dia harus merogoh 238 juta dolar hanya membeli pesawatnya dan mengeluarkan biaya tambahan untuk modifikasi. 

Sayangnya rincian tentang jet ini sangat dirahasiakan, namun diketahui selain interiornya yang mewah, jet tersebut dilengkapi kelab malam.

4. Boeing 747-8 VIP 

Boeing 747-8 VIP yang dijuluki Dreamliner memiliki ruang hampir 5.000 kaki persegi. Jet seharga 367 dolar AS ini dimiliki oleh seseorang VIP yang tidak diketahui identitasnya. Angka tersebut belum termasuk perombakan kabin yang sudah dilengkapi ruang makan, lounge, serta area kantor.

Meskipun mahal, jet Boeing ini memiliki desain sangat minimalis dan kamar tidur utamanya bahkan mengalahkan banyak hotel bintang lima.

5. Airbus ACJ350

Jet pribadi termahal di dunia berikutnya adalah Airbus ACJ350 yang nilai fisiknya saja mencapai 326 juta dolar AS. Dengan perombakan interior khusus dari Lufthansa Technik, total biaya dapat mencapai 500 juta dolar AS. Pesawat ini terasa seperti rumah kedua di angkasa, menawarkan fasilitas seperti spa, kantor pribadi, kamar tidur ukuran penuh, dan ruang bermain anak-anak.

Menurut situs web Airbus, pesawat ini memiliki ruang lantai setara beberapa rumah, dengan delapan zona suhu dan sistem penyaringan udara sekelas rumah sakit. 

Bagian depan kabin berfungsi sebagai ruang keluarga, dengan kamar mandi, kamar tidur VIP, area santai, dan kantor. Di bagian tengah, lounge tamu menyediakan tempat untuk bersantai. 

Itulah deretan jet pribadi termahal di dunia, masing-masing menawarkan tingkat kemewahan, kenyamanan, dan teknologi yang tak tertandingi. Dengan harga fantastis yang sepadan dengan fasilitas dan privasi yang disediakan, jet-jet ini menjadi simbol status dan prestise bagi para pemiliknya. 

Topik Menarik