7 Fakta Skuad Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Ronde 3, Nomor 5 Bikin Bangga!

7 Fakta Skuad Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Ronde 3, Nomor 5 Bikin Bangga!

Berita Utama | inews | Jum'at, 30 Agustus 2024 - 16:55
share

JAKARTA, iNews.id - Ada tujuh fakta skuad Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ronde ketiga. Salah satunya bikin bangga pencinta sepak bola Tanah Air.

Timnas Indonesia masuk ke Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia putaran ketiga. Skuad Garuda saling sikut dengan Jepang, Arab Saudi, China, Bahrain dan Australia.

Pasukan Merah Putih akan mengawali perjuangan dengan melawan Arab Saudi pada 6 September dan Australia, 10 September. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memanggil 26 pemain untuk mentas di ajang tersebut.

Setidaknya ada tujuh fakta menarik mengenai skuad Timnas Indonesia saat ini. Apa saja?

Tujuh fakta skuad Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ronde ketiga:

1. Thom Haye

Thom Haye jadi satu-satunya pemain pengangguran di skuad Timnas Indonesia. Dia belum memiliki klub hingga detik ini setelah meninggalkan SC Heerenveen.

Nama Haye sempat dikaitkan dengan beberapa klub seperti Sevilla, Dinamo Zagreb, dan Oxford United. Namun sampai saat ini belum ada kesepakatan yang tercapai.

2. Pemain Tertua

Thom Haye pula yang jadi pemain paling tua di skuad Timnas Indonesia. Saat ini usianya sudah menginjak 28 tahun.

3. Pemain Termuda

Shin Tae-yong memang terkenal kerap mengandalkan pemain muda. Pemain dengan usia termuda di Skuad Garuda saat ini adalah Marselino Ferdinan yakni 19 tahun.

4. Rata-rata usia

Rata-rata usia pemain Timnas Indonesia adalah 23,69 tahun. Meski demikian penggawa Garuda Nusantara tetap tak bisa diremehkan.

5. Skuad Termahal

Timnas Indonesia saat ini memiliki skuad termahal keempat di Grup C dengan nilai Rp290 miliar. Pasukan Shin Tae-yong masih di bawah Jepang (Rp4,7 triliun), Australia (Rp674 miliar) dan Arab Saudi (Rp542 miliar).

6. Pemain Abroad

Total ada 14 pemain abroad yang dipanggil ke Timnas Indonesia. Ada satu wajah baru yakni kiper FC Dallas, Maarten Paes.

7. Pemain Liga 1

Ada 12 pemain Liga 1 yang dipanggil dan mereka sudah berkumpul di Jakarta sejak Kamis (29/8/2024). Mereka akan terbang ke Arab Saudi, Minggu (1/9/2024).

Sementara 14 pemain abroad akan langsung menyusul ke Arab Saudi.

Topik Menarik