PM Irak Shia Al Sudani Sebut ISIS Bukan Lagi Ancaman

PM Irak Shia Al Sudani Sebut ISIS Bukan Lagi Ancaman

Berita Utama | inews | Senin, 2 September 2024 - 19:29
share

DUBAI, iNews.id - Perdana Menteri Irak Mohammed Shia Al Sudani menyebut ISIS bukan lagi ancaman bagi negaranya. Seperti namanya, ISIS sempat menguasai sebagian wilayah Irak dan Suriah hingga diperangi pasukan sekutu yang dipimpin Amerika Serikat (AS).

Sebagian besar kekuatan ISIS di kedua negara tersebut telah dilumpuhkan. Namun sebagian kecil anggotanya masih bertahan di wilayah pegunungan perbatasan kedua negara sambil sesekali melakukan serangan gerilya.

Menurut Al Sudani, seperti dikutip dari Arab News, Selasa (2/9/2024), jumlah anggota ISIS telah jauh menyusut menjadi kelompok-kelompok kecil yang terisolasi di daerah-daerah terpencil. Angkatan bersenjata Irak sedang menggelar operasi untuk menemukan dan menangkap anggota tersisa.

Pernyataan Al Sudani itu disampaikan saat bertemu komandan pasukan koalisi global melawan ISIS, Kevin C Leahy, bersama Dubes AS untuk Irak, Alina Romanowski, pada Minggu (1/9/2024).

Para pejabat mengadakan pembicaraan mengenai akhir misi pasukan koalisi AS serta transisi ke hubungan bilateral dengan negara-negara anggota entitas.

Meski misi pasukan AS untuk melawan ISIS di Irak berakhir, kedua pejabat menekankan pentingnya untuk terus melakukan kerja sama dalam pelatihan dan pembagian informasi intelijen.

Topik Menarik