Sejarah Paus Pemimpin Vatikan Kunjungi Indonesia, Pertama Kali Tahun 1970

Sejarah Paus Pemimpin Vatikan Kunjungi Indonesia, Pertama Kali Tahun 1970

Berita Utama | inews | Rabu, 4 September 2024 - 06:05
share

JAKARTA, iNews.id - Paus Fransiskus melakukan perjalanan apostolik di Indonesia. Paus Fransiskus saat tiba di Indonesia Selasa (3/9/2024).

Paus Fransiscus terlihat menaiki mobil Kijang Innova Zenix dan memilih duduk di kursi penumpang depan mobil ketika hendak beranjak dari Bandara Soekarno-Hatta, Banten.

Kunjungan Paus Fransiskus ini merupakan momen bersejarah yang sangat dinantikan oleh umat Katolik di tanah air.

Selama empat hari di Indonesia, Paus Fransiskus melakukan pertemuan kenegaraan hingga pertemuan diplomatik. Dia akan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi), pertemuan dengan korps diplomatik, dan wakil-wakil masyarakat, hingga pertemuan dengan tokoh lintas agama di Masjid Istiqlal pada Rabu (4/9/2024).

Puncaknya, Paus Fransiskus akan memimpin Misa Kudus di Gelora Bung Karno pada 5 September 2024. Kegiatan peribadatan itu diperkirakan akan dihadiri oleh 80.000 umat Katolik.

Namun Paus sebelumnya pernah berkunjung ke Indonesia. Pertama kali Pemimpin Gereja Katolik tersebut tahun 1970. Paus Paulus VI melakukan kunjungan kenegaraan bertemu Presiden Soeharto.

Paus Paulus VI mengunjungi Gereja Katedral Jakarta untuk menyapa singkat para Imam dan biarawati di gereja tersebut. Paus juga mengadakan Misa Agung di Stadion GBK Senayan yang dihadiri ribuan jemaat.

Pada tahun 1989, Paus Yohanes Paulus II mengunjungi Indonesia. Dia bertemu dengan Presiden Soeharto di Istana Merdeka. Paus Yohanes Paulus II kagum terhadap ideologi Pancasila.

Paus Yohanes Paulus II melakukan misa kudus di Stadion GBK Senayan yang dihadiri ribuaan jemaat dari seluruh penjuru Indonesia.

Topik Menarik