Jadwal Misa Agung Paus Fransiskus di GBK Hari Ini

Jadwal Misa Agung Paus Fransiskus di GBK Hari Ini

Berita Utama | inews | Kamis, 5 September 2024 - 06:00
share

JAKARTA, iNews.id - Misa Agung Paus Fransiskus di GBK digelar hari ini, Kamis (5/9/2024). Sekitar 86.000 umat Katolik bakal menghadiri misa suci bersama pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia tersebut.

Wakil Koordinator Media Panitia Kunjungan Bapa Suci Fransiskus, Anthonius Gregorius A Lalu mengungkapkan, Paus Fransiskus bakal membawakan Homili pada misa agung.

"Pelaksanaan misa suci di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) di mana Paus Fransiskus akan membawakan Homili," ujar Gregorius dalam keterangan tertulis, Sabtu (31/8/2024).

Dia menyatakan umat Katolik yang hendak mengikuti misa agung diwajibkan memiliki gelang tiket. Sementara umat yang tidak memiliki dilarang masuk ke lokasi acara.

Dia mengatakan, umat yang tidak memiliki gelang tiket dapat mengikuti perayaan misa suci secara live streaming di kanal media sosial Komsos KWI maupun televisi nasional. Selain televisi, misa suci juga akan disiarkan melalui jaringan Radio Republik Indonesia (RRI).

"Diharapkan umat dapat hadir dengan mempersiapkan kelengkapan persyaratan sehingga dapat mengikuti Misa Suci dengan nyaman dan aman," tuturnya.

Komandan Korps Brigade Mobil (Dankorbrimob) Polri, Komjen Imam Widodo mengungkapkan sekitar 86.000 umat Katolik akan menghadiri misa suci tersebut. Dia meminta para umat menjaga kesehatannya.

"Dapat informasi bahwa kurang lebih ada 86.000 umat itu nanti akan datang dalam rangka menghadiri misa,” kata Imam.

Simak jadwal Misa Agung Paus Fransiskus di GBK pada halaman selanjutnya...

Saat acara berlangsung, Paus Fransiskus akan menaiki mobil Maung MV3. Mobil itu digunakan untuk menyapa umat.

Maung MV3 merupakan mobil taktis buatan perusahaan pertahanan dalam negeri PT Pindad.

"Memang benar bahwa Paus Fransiskus akan menggunakan mobil nasional buatan PT Pindad, yaitu Maung MV3, untuk inspeksi menyapa umat dalam acara Misa Suci di GBK," kata Karo Humas Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan, Brigjen Edwin Adrian Sumantha, Selasa (3/9/2024).

Menurut Edwin, mobil tersebut sudah dimodifikasi dengan menambahkan bagian rooftop untuk melindungi Paus Fransiskus dari panas dan hujan.

Maung MV3 diketahui merupakan gagasan dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk memenuhi kebutuhan kendaraan taktis bagi TNI. 

"Proses penyiapan kendaraan ini dimulai sejak Mei 2024, dengan supervisi langsung dari Letjen TNI (Pur) Putranto selaku Komisaris PT Pindad dan bekerja sama dengan tim dari Vatikan," ucap Edwin.

Berikut Jadwal Misa Agung Paus Fransiskus di GBK

Misa agung bakal digelar di stadion utama dan madya GBK. Acara itu berlangsung pukul 17.00 WIB hingga 18.30 WIB.

Adapun pintu masuk di stadion utama dan madya dibuka setelah pukul 12.00 WIB dan ditutup 30 menit sebelum acara dimulai.

Ketua Panitia Pelaksana Panitia Kunjungan Bapa Suci Paus Fransiskus, Ignasius Jonan meminta jemaat menggunakan transportasi umum untuk menghadiri acara. 

"Kami sangat berharap para tamu undangan yang hadir kalau dari Jabodetabek harapannya itu dapat menggunakan transportasi publik menuju Kompleks Senayan atau GBK Senayan," kata Jonan di Kantor KWI, Jakarta, Rabu (28/8/2024).

Dia mencontohkan masyarakat dapat menggunakan Transjakarta dan MRT.

"Aksesnya gampang naik bus Transjakarta, hampir seluruh penjuru Jakarta connectivity-nya persis turun di depan GBK di Jalan Sudirman," kata Jonan.

Jonan menegaskan tidak ada pendaftaran misa di lokasi atau walk in. Semua sudah diatur oleh KWI melalui berbagai keuskupan dan diteruskan ke berbagai gereja atau paroki. 

"Kalau yang tidak punya undangan bagaimana, kalau saran saya pribadi ini sebaiknya nonton TV di rumah. Kan ada TV pool dan di-sharing dan tanpa berbayar, dan setiap gereja kalau berkenan fasilitas layanan live streaming sehingga bisa hadir di gereja atau di rumah nonton televisi," katanya.

Topik Menarik