Mengenang Pemikiran Faisal Basri sebagai Ketua Pembasmi Mafia Migas

Mengenang Pemikiran Faisal Basri sebagai Ketua Pembasmi Mafia Migas

Berita Utama | okezone | Kamis, 5 September 2024 - 09:57
share

JAKARTA - Ekonom senior sekaligus pendiri Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Faisal Basri meninggal dunia pukul 03.50 WIB pada hari ini, Kamis (5/9/2024).

Faisal Basri merupakan Ketua Komite Reformasi Tata Kelola pada 2014. Sebagai Ketua Komite Reformasi Tata Kelola Migas, Faisal bersama tim bertugas mencari atau menata ulang proses dari hulu hingga hilir, sehingga migas betul-betul dapat menjadi tombak industrialisasi.

Salah upayanya adalah dengan mewujudkan pembangunan kilang minyak baru. Kalau kilang tidak dibangun, Indonesia kehilangan kesempatan untuk memproduksi kondensat yang merupakan bahan baku utama industri petrokimia.

Bahkan sekarang impor plastik dan produk dari plastik kita terbesar keempat di dunia dan kemudian impor kimia organik terbesar kelima, ujar Faisal.

Khusus untuk minyak yang merupakan energi tak terbarukan, Faisal menawarkan diterapkannya azas keadilan dalam mengelola minyak. Jika minyak banyak diproduksi saat ini, maka generasi mendatang hanya dapat memperoleh bagian minyak sedikit saja.

Harus ada upaya-upaya untuk menegakkan keadilan antar generasi. Kalau di beberapa negara ada yang namanya petroleum fund. Kita bicarakan dulu prinsip dasarnya, baru kemudian dijabarkan dalam penguatan kelembagaan, jelas Faisal.

Topik Menarik