Badan Pusat Statistik Lebak Lakukan Pelatihan Petugas Pendataan Susenas MSBP 2024

Badan Pusat Statistik Lebak Lakukan Pelatihan Petugas Pendataan Susenas MSBP 2024

Berita Utama | lebak.inews.id | Jum'at, 6 September 2024 - 13:30
share

LEBAK, iNewsLebak.id - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lebak kembali melakukan Pelatihan petugas  pendataan Survei Sosial Ekonomi Nasional Modul Sosial Budaya dan Pendidikan (Susenas MSBP) tahun 2024, bertempat di The Swarna Inn Hotel, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, pada Jum'at (6/9/2024).

Pelaksanaan pelatihan petugas dimulai dari 4-6 September, setelah melakukan Pelatihan secara mandiri 2-3 September 2024, yang diikuti 21 petugas lapangan, 11 petugas pemeriksa dan 3 operator entry dan dibimbing oleh 2 Instruktur Nasional (Innas) dari BPS Kabupaten Lebak.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara pelatihan petugas, Kepala BPS Kabupaten Lebak, Eka Yulyani mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman serta keterampilan petugas dalam melaksanakan Survei Sosial Ekonomi Nasional Modul Sosial Budaya dan Pendidikan (Susenas MSBP).

"Adanya pelatihan ini diharapkan dapat membantu petugas dalam mengatasi tantangan di lapangan, dan menghasilkan data berkualitas serta dapat diandalkan untuk analisis dan pembuatan kebijakan," terangnya.

Eka Yulyani juga menjelaskan, Susenas MSBP 2024 akan menghasilkan data/ informasi terkait pengeluaran untuk menghitung tingkat kemiskinan pada level provinsi dan nasional.

 

"Hasil dari pendataan Susenas MSBP ini akan menghasilkan indikator tingkat kemiskinan, sosial budaya dan pendidikan. Secara umum Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) menjadi sandaran utama untuk memenuhi kebutuhan pemerintah dalam mengimplementasikan pembangunan nasional," ujarnya.

Lanjut Eka Yulyani, "Hal ini agar sejalan dengan tujuan pembangunan nasional (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) TPB/Sustainable Development Goals (SDGs)," terangnya.

Di tempat terpisah, Ai Budiman sebagai Instruktur Nasional sekaligus sebagai penanggungjawab teknis kegiatan Susenas MSBP BPS Kabupaten Lebak menambahkan.

"Sebagai mother of survey, survei ini menghasilkan berbagai indikator pendukung agenda program nawacita dan program prioritas RPJMN 2020-2024, diantaranya yaitu meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing, capaian revolusi mental dan pembangunan kebudayaan," ucapnya.

Topik Menarik