Viral Gadis Alami Obesitas karena Overwork, Naik 20 Kilogram dalam Setahun

Viral Gadis Alami Obesitas karena Overwork, Naik 20 Kilogram dalam Setahun

Berita Utama | okezone | Sabtu, 14 September 2024 - 18:30
share

OVERWORK alias kerja berlebihan melewati kapasitas, memiliki berbagai dampak buruk bagi kesehatan. Baik itu secara mental mau pun fisik.

Salah satu dampak yang mungkin tidak disadari banyak orang adalah obesitas. Contohnya ini dialami langsung oleh salah seorang gadis di China. Wanita bernama Ouyang Wenjing itu mengaku berat badannya sampai bertambah dari 60 kilogram menjadi 80 kilogram usai bekerja selama satu tahun.

Menurut pengakuan wanita berusia 24 tahun dari Provinsi Guangdong, China itu, kondisi yang ia alami dipicu oleh stres yang melanda dirinya terkait pekerjaanselama setahun bekerja.

Disebutkan lebih lanjut, di China sendiri obesitas akibat kerja berlebihan sering dikaitkan dengan tekanan pekerjaan, jam kerja yang panjang, atau gaya hidup yang tidak teratur.

Foto: Weibo

Ouyang tidak menyebutkan secara spesifik tempat kerjanya atau jenis pekerjaan apa yang ia lakukan sampai membuatnya mengalami stress beratm hingga berujung mengalami obesitas.

Sampai akhirnya kisahnya yang menjadi viral di berbagai linimasa dan media bahwa pekerjaannya telah menjadi bencana bagi kesehatan fisik dan mentalnya. Kini, Ouyang disebut-sebut telah berhenti dari pekerjaannya pada bulan Juni 2024. Sejak saat itu, ia merasa keadaannya jauh lebih baik.

Ouyang lantas menceritakan kilas balik pemicu dirinya mengalami obesitas karena bekerja terlalu berlebihan tersebut. Ia mengatakan saat itu sering bekerja lembur, memiliki shift yang tidak teratur, dan memesan semua tipe makanan untuk menu makanannya.

Ouyang menceritakan bahwa berat badannya memang sempat berada di angka 105 kg saat duduk di bangku sekolah menengah. Namun, ia berhasil diet dan berat badannya turun menjadi 45 kg dalam empat tahun berikutnya.

Sayangnya, ketika sudah bekerja, malah telah menggagalkan upaya penurunan berat badan tersebut, dan berat badannya mulai naik kembali. Ouyang sekarang memutuskan bekerja sebagai influencer lepas untuk menurunkan berat badan.

Ia menyesuaikan pola makannya dengan mengurangi minyak dan gula, dengan fokus pada makanan seimbang yang mengandung sayuran, biji-bijian, dan protein. Ia lantas sukses menurunkan berat badan 6 kg dalam satu bulan setelah perubahan ini.

Berkaca dari pengalamannya, Ouyang menyarankan agar orang-orang makan lebih banyak sayur dan lebih sedikit daging serta berusaha agar pekerjaan mereka tidak mengganggu waktu makan mereka. Ia juga menyarankan orang-orang untuk berolahraga agar tetap bugar. Demikian seperti dilansir dari South China Morning Post, Sabtu (14/9/2024)

Topik Menarik