Berubah Drastis! Perbandingan Wajah Pilot Susi Air sebelum dan setelah Disandera KKB OPM

Berubah Drastis! Perbandingan Wajah Pilot Susi Air sebelum dan setelah Disandera KKB OPM

Berita Utama | inews | Sabtu, 21 September 2024 - 11:47
share

MIMIKA, iNews.id - Pilot Susi Air Philip Mark Marthens bebas setelah disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Organisasi Papua Merdeka (OPM) selama 1,5 tahun lebih tepatnya 19 bulan. Tatapannya kadang masih terlihat kosong meski terlihat sudah merasa lega.

Kapten Philip disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari 2023. Ketika itu perawakannya masih terlihat bugar dengan tubuh tinggi dan berisi serta punya kumis, jengot tipis.

Setelah 19 bulan berlalu, wajah pilot Susi Air tampak berubah drastis. Berat tubuhnya menyusut, kumis dan jenggotnya memanjang seperti sudah lama tidak bercukur. Raut wajahnya juga terlihat lebih tua dengan kulit kering seperti banyak pikiran.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 Kombes Pol dr Bayu Suseno mengatakan, saat ini Philip menjalani proses mitigasi kesehatan termasuk kondisi psikologisnya.

"Tadi saya sudah berbincang dengan pilot. Dia mengaku bahagia dan kini bisa bernapas lega," ujar Bayu, Sabtu (21/9/2024).

Menurutnya, selama ini berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Indonesia untuk membebaskan pilot Philip. Satgas Damai Cartenz 2024 mengedepankan upaya soft approach daripada hard approach dalam pembebasan sandera.

“Kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya. Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisasi jatuhnya korban jiwa, baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri,” kata Bayu.

Menurutnya, pilot Philip berhasil dijemput tim gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartenz 2024. Penjemputan dilakukan di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Selanjutnya pilot Susi Air diterbangkan menuju Mako Brimob Batalyon B Timika.

Diketahui, pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens disandera OPM pimpinan Egianus Kogoya di belantara hutan Papua. Penyanderaan ini dimulai saat Kapten Philip Mark Mehrtens mempiloti pesawat Susi Air nomor penerbangan SI 9368 yang mendarat di Landasan Terbang Paro, Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Selasa (7/2/2023).

Topik Menarik