Pilot Susi Air Dibebaskan, Menko Polhukam Sampaikan Terima Kasih ke TNI-Polri hingga Pemuka Agama

Pilot Susi Air Dibebaskan, Menko Polhukam Sampaikan Terima Kasih ke TNI-Polri hingga Pemuka Agama

Berita Utama | okezone | Minggu, 22 September 2024 - 03:45
share

JAKARTA - Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto menyampaikan terima kasih ke semua pihak yang terlibat dalam proses pembebasan Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens. Diketahui, pilot asal Selandia Baru itu telah mendarat di Jakarta. 

"Saya ingin mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam operasi pembebasan sandera yaitu TNI dan Polri, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan pemuka agama," kata Hadi di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu (21/9/2024).  

Selain itu, Hadi juga menyebutkan, pembebasan Philip setelah satu tahun tujuh bulan disandera KKB Egianus Kogoya di wilayah Nduga atas kerja sama Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar Selandia Baru.

"Tentunya berbagai pihak yang telah membantu dalam proses pembebasan sandera yaitu Kapten Philip Mehrtens," ujarnya. 

Sebelumnya, Hadi Tjahjanto menyatakan, setibanya Philip di Bandara Halim Perdanakusuma langsung diserahkan ke pihak Kedutaan Selandia Baru. 

"Baru saja, saya mewakili pemerintah RI secara resmi telah menyerahkan Kapten Pilot Philip Mehrtens kepada Pemerintah Selandia Baru yang diwakili oleh Duta Besar Selandia Baru di Jakarta, yaitu Bapak Kevin (Kevin Burnett)," kata Hadi di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu (21/9/2024).

 

Menurutnya, setelah proses serah terima ini, selanjutnya Philip menjadi tanggung jawab Kedubes Selandia Baru. 

"Seluruh tanggung jawab sudah berada di Bapak Dubes Selandia Baru," ujarnya. 

Topik Menarik