5 Film Bertema Kiamat yang Menegangkan

5 Film Bertema Kiamat yang Menegangkan

Berita Utama | okezone | Minggu, 20 Oktober 2024 - 07:40
share

JAKARTA - Kiamat merupakan salah satu topik yang kontroversial dan banyak diperbincangkan masyarakat dari generasi ke generasi. Setiap orang mempunyai pandangan dan spekulasi yang berbeda mengenai bagaimana dan kapan kiamat akan terjadi.

Hal tersebut menjadikan film dengan genre apocalypse, yang mengangkat tema kiamat, menjadi film yang sangat diminati. Ada banyak gambaran kiamat yang digambarkan film-film tersebut, mulai dari bencana alam, kejatuhan meteor, sampai wabah virus.

Berikut 5 rekomendasi film bertema kiamat yang menegangkan dan memacu adrenalin.

5 Film Bertema Kiamat yang Menegangkan

 

 

1. 2012 (2009)

2012
2012

Tak lengkap rasanya bagi pecinta genre film apocalypse dan survival jika belum menonton film ini. 2012 merupakan salah satu film dengan tema kiamat yang legendaris dan sangat populer.

Film ini diangkat berdasarkan ramalan kuno suku Maya yang memprediksi kiamat yang akan terjadi pada tahun 2012. Disutradarai oleh Roland Emmerich, film ini berpusat pada seorang penulis bernama Jackson Curtis yang berusaha menyelamatkan keluarganya setelah mengetahui bahwa bumi sedang menuju kehancuran.

2. Don’t Look Up (2021)

Film Dont Look Up
Film Dont Look Up

Don’t Look up merupakan film komedi satir apocalypse yang disutradarai oleh Adam McKay. Film ini dibintangi oleh berbagai aktor ternama seperti Leonardo DiCaprio, Jennifer Lawrence, Timothee Chalamet, dan masih banyak lagi.

Film ini berpusat pada kisah dua astronom yang berusaha memperingati masyarakat mengenai komet yang tampak mendekat dan berpotensi menghancurkan bumi dan peradaban manusia.

Alih-alih mempersiapkan diri untuk menyelamatkan diri atau mencegah komet itu jatuh ke bumi, masyarakat malah tidak menganggap hal tersebut sebagai permasalahan yang serius.

3. Geostorm (2017)

Film Geostrom
Film Geostrom

Geostorm merupakan film bencana alam dan fiksi ilmiah yang disutradarai oleh Dea Devlin yang juga memulai debutnya dalam film ini. Film ini berfokus pada kiamat yang disebabkan oleh bencana alam dan iklim yang ekstrem.

‘Dutch Boy’ seorang perancang dan pengontrol satelit cuaca global harus mencari cara agar dapat menyelamatkan dunia dari bencana alam dan iklim yang ekstrim tersebut akibat dari tidak berfungsinya satelit pengontrol iklim.

 

4. The Day After Tomorrow (2004)

The day after tomorrow
The day after tomorrow

Masih dengan kiamat akibat perubahan iklim, The Day After Tomorrow berpusat pada gambaran efek iklim yang dahsyat yang membuat perubahan cuaca yang ekstrem dan menyebabkan terjadinya Zaman Es baru.

Film yang disutradarai oleh Roland Emmerich, sutradara yang sama dengan film 2012 (2009), dan merupakan adaptasi dari buku The Coming Global Superstorm karya Art Bell dan Whitley Strieber.

Film ini menceritakan Jack Hall, klimatolog, yang berusaha memperingatkan pemerintah mengenai badai super yang akan memicu zaman es baru, namun peringatan tersebut diabaikan oleh pemerintah.

 

5. I Am The Legend (2007)

I Am The Legend

I Am The Legend merupakan film fiksi ilmiah aksi yang disutradarai oleh Francis Lawrence. Film ini berlatarkan kota New York pasca-kiamat yang disebabkan wabah virus yang menciptakan manusia-manusia mutan.

Film ini berpusat pada Dr. Robert Neville, yang diperankan oleh Will Smith, yang menjadi satu-satunya manusia yang tersisa di kota New York yang dipenuhi mutan akibat rekayasa sebuah virus.

Ditemani anjingnya, Neville harus bertahan hidup sendirian di kota itu sambil berusaha menemukan obat penawar terhadap virus tersebut.