Ngeri! Mobil Dinaiki Mantan Presiden Bolivia Evo Morales Diberondong Tembakan

Ngeri! Mobil Dinaiki Mantan Presiden Bolivia Evo Morales Diberondong Tembakan

Berita Utama | inews | Senin, 28 Oktober 2024 - 11:18
share

LA PAZ, iNews.id - Mantan Presiden Bolivia Evo Morales merilis rekaman video mobilnya yang tertembus peluru. Dia lolos dari percobaan pembunuhan pada Minggu (27/10/2024).

Mobil pikap Toyota diberondong tembakan oleh orang tak dikenal saat dia berada di dalamnya. Morales duduk di bangku penumpang depan saat kejadian. Tampak kaca depan dan belakang bolong akibat peluru. Selain itu bak kendaraan juga bolong di beberapa bagian.

"Beginilah penampakan percobaan pembunuhan yang terjadi pada pukul 06.20 di pintu masuk La Novena (stasiun radio) wilayah Shinahota," kata Morales, dalam posting-an di media sosial, seperti dikutip dari Sputnik, Senin (28/10/2024).

Dalam videpo 

Morales lalu menjelaskan kronologi kejadian, mulanya dua kendaraan mencegat mobilnya. Setelah itu empat pria keluar dari kendaraan tersebut masing-masing membawa senjata api. Mereka tak bisa dikenali karena menggunakan penutup kepala. Setelah itu tanpa basa-basi mereka langsung melepaskan tembakan ke mobil Morales sebelum pergi.

Rekaman video memperlihatkan kaca depan mobil pecah, sementara para penumpang merunduk menghindari tembakan. Tak ada korban tewas dalam serangan itu, namun pengemudi menderita luka serius di kepala.

Sejauh ini belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap Morales.

Morales tersandung kasus perdagangan manusia dan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur. Dia terancam ditangkap paksa oleh jaksa penuntut Tarija.

Jaksa Tarija Sandra Gutierrez mengatakan pada awal bulan ini, pihaknya sedang mempersiapkan surat perintah penangkapan untuk Morales karena mangkir dari pemanggilan.

Morales berulang kali mengatakan kasus terhadapnya bermotif politik. Pasalnya dia akan maju lagi dalam Pemilihan Presiden Bolivia melawan pehatana, Luis Arce. Pilpres Bolivia akan digelar pada 2025.

Topik Menarik