Supian Suri Sindir Wali Kota Idris: Kesejahteraan Depok Bukan Hanya Soal APBD

Supian Suri Sindir Wali Kota Idris: Kesejahteraan Depok Bukan Hanya Soal APBD

Terkini | depok.inews.id | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 13:40
share

DEPOK, iNews Depok. id - Calon Wali Kota Depok nomor urut 2, Supian Suri, optimistis bahwa sejumlah program prioritas yang direncanakan dapat diwujudkan meski hanya dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Depok yang terbatas. Supian meyakini, program unggulannya bisa berjalan jika ada dukungan penuh dari pemerintah pusat dan provinsi.

Menurut Supian, program-program besar yang berdampak langsung bagi masyarakat, terutama dalam bidang pendidikan dan kesehatan, perlu mendapat perhatian khusus. 

“Kalau hanya mengandalkan APBD kota, nggak selesai. Makanya pihak sebelah, Pak Idris (Wali Kota Depok saat ini) bilang nggak mungkin. Kalau versinya Pak Idris nggak mungkin, tapi versi saya mungkin, sangat mungkin," kata Supian, Sabtu (26/10/2024).

Supian menilai, Wali Kota Depok saat ini hanya berfokus pada APBD yang berjumlah sekitar Rp4 triliun tanpa mempertimbangkan potensi bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi. 

“Saya yakin kita bisa mendapat support dari pemerintah pusat dan provinsi untuk program-program yang penting seperti kesejahteraan guru, wisata religi, dan lainnya," tambahnya.

Lebih lanjut, Supian menegaskan bahwa alokasi dana besar yang dimiliki pemerintah pusat bisa menjadi solusi atas kebutuhan anggaran di Depok. Program prioritas ini akan langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang membutuhkan fasilitas publik yang memadai.

Salah satu sektor yang ingin ditingkatkan oleh Supian adalah pendidikan. Ia menyoroti kondisi beberapa sekolah dasar di Depok yang bangunannya masih belum memadai dan belum mendapat perhatian maksimal. 

“Sekolah-sekolah dasar kita banyak yang masih butuh intervensi bangunan. Bahkan ada yang sejak sebelum kota Depok berdiri,” ungkapnya.

Selain itu, Supian juga berencana memperbaiki pelayanan kesehatan di Depok dengan memperbanyak puskesmas dan memberikan layanan gratis. Menurutnya, langkah ini akan meringankan beban masyarakat yang selama ini harus membayar untuk layanan kesehatan dasar.

Program Supian lainnya adalah memberikan bantuan pendidikan bagi warga yang kurang mampu agar tidak ada anak yang putus sekolah. Ia juga berniat menyediakan fasilitas bimbingan belajar untuk siswa yang ingin masuk perguruan tinggi negeri (PTN) agar memiliki kesempatan yang sama dengan yang lain.

Supian juga akan memperbanyak ruang terbuka hijau dan fasilitas publik lainnya bagi generasi muda di Depok. Ia berencana membangun gedung-gedung pertunjukan agar para pemuda bisa mengekspresikan kreativitas mereka melalui berbagai acara rutin.

Menurut Supian, program-program yang direncanakannya ini adalah bentuk nyata dari kehadiran pemerintah yang peduli terhadap warganya. "Masyarakat akan merasakan betul hadirnya pemerintah yang membantu mereka dalam kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan," ujarnya.

Supian yakin bahwa program-programnya tidak hanya akan meningkatkan kualitas hidup warga Depok, tetapi juga menumbuhkan rasa bangga terhadap kota mereka. Fasilitas-fasilitas ini, katanya, akan menjadikan Depok sebagai kota yang layak huni dan ramah bagi semua kalangan.

Di akhir keterangannya, Supian berkomitmen untuk menjadikan Depok sebagai kota yang lebih maju dan inklusif dengan berbagai program yang bersifat langsung menyentuh kehidupan masyarakat. “Insya Allah, manfaatnya akan sangat dirasakan oleh masyarakat,” pungkasnya.

 

Topik Menarik