Anggaran Pembangunan IKN 2025 yang Disepakati Jokowi dan Prabowo Hanya Rp143 Miliar, Cukup?

Anggaran Pembangunan IKN 2025 yang Disepakati Jokowi dan Prabowo Hanya Rp143 Miliar, Cukup?

Ekonomi | inews | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 09:01
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden terpilih Prabowo Subianto menyepakati anggaran pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur hanya Rp143 miliar. Hal itu pun dicatatkan dalam Buku Nota Keuangan II Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Menurut Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati dana pembangunan ibu kota baru pada tahun depan hanya batas bawah alias baseline. Artinya, akan ada penambahan dengan menyesuaikan kebutuhan pembangunan.

Sedangkan, kebijakan menambah nilai anggaran IKN ada di tangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo-Gibran.

Karena semuanya dibaseline kan karena untuk memberikan otoritas kepada Presiden terpilih untuk tentukan sesuaikan dengan priotas dengan kabinetnya, tapi beberapa kelompok sudah ditentukan, kata Sri Mulyani saat konferensi pers RAPBN 2024, Jumat (16/8/2024).

Dia mengaku, Presiden Jokowi dan Prabowo sudah sepakat soal alokasi dana pembangunan IKN di 2025. Termasuk, penambahan nilainya, tetap didasarkan pada kemampuan fiskal di tahun depan.

Ini juga sama, kemarin Bapak Presiden terpilih dan Pak Jokowi sudah bertemu, sidang kabinet, dan punya komitmen, tapi beliau masih melihat seluruh APBN, ujar dia.

Eks Direktur Keuangan Bank Dunia itu menjelaskan, tambahan alokasi juga dipertimbangakan pada beberapa infrastruktur penting. Namun, dengan catatan bisa menarik investasi.

Nanti kita akan lihat ada tambahan lokasinya berapa, tapi beberapa infrastruktur penting untuk bisa menarik investasi akan jadi prioritas, ucap dia.

Over all dari APBN ini, pemerintahan bisa berjalan, meskipun dengan Kementan tadi dengan uang sekian kalau mau nambah, itu domain pemerintahan baru. Memang nggak memuaskan, tapi ini kan transisi, ujar Sri Mulyani.

Topik Menarik