Gudang Garam Ungkap Alasan Tak Bagikan Dividen pada Tahun Buku 2023

Gudang Garam Ungkap Alasan Tak Bagikan Dividen pada Tahun Buku 2023

Ekonomi | inews | Kamis, 29 Agustus 2024 - 14:08
share

JAKARTA, iNews.id - Direktur dan Sekretaris Perusahaan PT Gudang Garam (GGRM) Heru Budiman mengungkapkan alasan perseroan tidak membagikan dividen tunai tahun buku 2023. Menurutnya, keputusan untuk tidak membayarkan dividen didorong oleh peningkatan suku bunga pinjaman di penghujung tahun 2023 hingga memasuki tahun ini.

"Sedangkan kita juga menyadari bahwa kondisi keuangan ke depan, termasuk yang sangat dipengaruhi oleh kondisi Amerika, itu masi juga gonjang-ganjing tidak menunjukan arah yang jelas," kata Heru dalam Public Expose Live 2024 secara daring, Kamis (29/8/2024). 

Karena itu, perseroan mengambil sikap hati-hati untuk tidak membagikan dividen. Pasalnya, apabila GGRM membagikan dividen, dimungkinkan pinjaman bisa meningkat dan hal itu akan menjadi kendala apabila suku bunga kembali naik. 

"Sehingga pinjaman kita tidak akan meningkat, yang kalau suku bunga naik itu bisa merupakan suatu kendala," tuturnya.

Terkait kepastian pembagian dividen tahun buku 2024, Heru menyebut hal itu bisa saja dilakukan, namun tetap melihat perkembangan suku bunga. 

"Kalau memang tahun 2024 ini, yang sampai saat ini belum menunjukan penurunan, tapi akan turun, bagi dividen yang lebih itu bisa dilaksanakan. Daripada dibalik, sudah bagi diividen utang nya naik, bunganya naik, itu kartu mati," kata dia.

Topik Menarik