Mitra Keluarga Kaji Rencana Bangun Rumah Sakit di IKN

Mitra Keluarga Kaji Rencana Bangun Rumah Sakit di IKN

Ekonomi | inews | Minggu, 1 September 2024 - 09:29
share

JAKARTA, iNews.id - PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA) saat ini tengah mengkaji rencana pembangunan rumah sakit baru di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Adapun manajemen perseroan masih dalam tahap analisis peluang pembangunan rumah sakit di ibu kota baru.

Memang untuk saat ini kami belum punya tanah maupun lokasi di IKN, tapi masih dalam tahap pembahasan di manajemen, ujar Investor Relations MIKA, Aditya Widjaja dalam Public Expose Live 2024 secara daring dikutip, Minggu (1/9/2024).

Pada tahun ini perseroan mencanangkan pembangunan tiga rumah sakit baru, dua di antaranya sudah melaksanakan proses groundbreaking . Rencananya, ketiga rumah sakit baru tersebut akan dibuka dan beroperasi pada 2025 mendatang.

Secara rinci, dua rumah sakit baru yang sudah melaksanakan proses groundbreaking yaitu RS Mitra Keluarga Sidoarjo dan RS Sumber Kasih Lemahabang, Cirebon. Untuk pembangunan keduanya, perseroan menggelontorkan biaya masing-masing sekitar Rp250 miliar dan Rp50-70 miliar.

Selain itu juga untuk dari sisi eksisting rumah sakit, kami juga akan menambah sekitar 250-300 tempat tidur di tahun ini, katanya.

Terkait kinerja perseroan, MIKA menargetkan pertumbuhan pendapatan 15-17 persen di tahun 2024. Sementara margin EBITDA perseroan ditargetkan tumbuh 37-38,5 persen.

Guna mencapai target tersebut, MIKA menyiapkan sejumlah strategi pertumbuhan yakni dengan meningkatkan kapasitas secara organik dan anorganik melalui jaringan rumah sakit greenfield yang kuat di Jabodetabek dan Surabaya, serta rekam jejak akuisisi yang sukses.

Perseroan juga berupaya meningkatkan intensitas pendapatan dengan menawarkan layanan yang lebih canggih dan kompleks. Lalu, MIKA akan memperluas portofolio usaha dengan memasuki pasar Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), serta berupaya untuk terus meningkatkan efisiensi operasional.

Topik Menarik