46.000 Orang Kena PHK hingga Agustus 2024, Paling Banyak di Kota Mana?

46.000 Orang Kena PHK hingga Agustus 2024, Paling Banyak di Kota Mana?

Ekonomi | inews | Senin, 2 September 2024 - 19:13
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Tenaga Kerja mengungkap total pegawai yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) mencapai 46.000 orang. Angka itu diambil dari Januari sampai Agustus 2024. Lantas, paling banyak terjadi di kota mana?

Menurut Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kemnaker, Indah Anggoro Putri PHK paling banyak terjadi di Jawa Tengah. Tak cuma itu, PHK juga banyak terjadi di Jakarta dan Banten.

"Bulan Agustus kemarin, Jawa Tengah masuk nomor satu tertinggi PHK-nya. Diikuti DKI Jakarta, lalu Banten," tutur Indah saat ditemui di Kompleks DPR Senayan, Senin (2/9/2024).

Indah menjelaskan, secara rinci, total PHK di Indonesia mencapai 46.240 orang. Dia melanjutkan, di Jawa Tengah sektor yang terdampak secara dominan yakni industri manufaktur yang padat karya.

"Untuk di Jawa Tengah, sektor yang tadi Bu Menteri bilang terdampak PHK yakni manufaktur, tekstil, garmen dan alas kaki," kata Indah.

Lebih lanjut, Indah mengungkapkan DKI Jakarta menjadi provinsi kedua terbanyak PHK setelah Jawa Tengah. Total angka PHK yang terjadi di provinsi mantan Ibukota Negara tersebut yaitu 7.400 orang lebih.

"Kalau di DKI Jakarta kebanyakan jasa. Restoran, kafe, Itu jasa banyak (yang PHK). Totalnya 7.400 lebih," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah mengakui adanya peningkatan angka total pegawai yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) di Indonesia hingga Agustus 2024 ini. Tercatat, total 46 ribu pegawai dari awal Januari hingga Agustus 2024.

Topik Menarik