Erick Thohir Pamer Mobil Buatan Pindad untuk Paus Fransiskus, Ini Potretnya

Erick Thohir Pamer Mobil Buatan Pindad untuk Paus Fransiskus, Ini Potretnya

Ekonomi | inews | Rabu, 4 September 2024 - 20:19
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri BUMN Erick Thohir memamerkan mobil modifikasi BUMN PT Pindad yang akan digunakan khusus untuk Paus Fransiskus. Rencananya, mobil itu akan digunakan saat bertemu umat Katolik di Gelora Bung Karno (GBK).

"PT Pindad membuat kendaraan khusus untuk Paus Fransiskus yang akan dipakai saat bertemu umat Katolik di Jakarta," tulis dia di laman Instagramnya, Rabu (4/9/2024).

Erick Thohir menjelaskan mobil tersebut aslinya berjenis Maung MV3. Namun, setelah dimodifikasi akan menjadi 'popemobile' atau kendaraan yang biasa digunakan Paus saat kunjungan.

Melansir laman resmi Pindad, modifikasi mobil Maung ini diinisiasi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Mobil ini berwarna putih dengan logo Maung PIndad di bagian grill depan.

Tak cuma itu, ada juga bendera dan segel Vatikan, serta plat nomor 'SCV1' yang merupakan singkatan dari 'Status Latin Civitatis Vaticanae' (negara kota Vatikan. Ada juga modifikasi penambahan tangga lipat untuk mengakses panggung yang dilengkapi kursi utama di bagian belakang kendaraan.

Ada juga sunroof pada kabin pengemudi, rear step untuk penjaga Paus, roof protector antisipasi hujan, dan kursi belakang yang dapat dilipat untuk asisten Paus. Adapun, body mobil Maung memiliki kelebihan tangguh dan dapat bermanuver di berbagai medan ekstrem.

Terima kasih kepada Vatikan beserta panitia kunjungan keagamaan beliau di Indonesia yang telah mempercayai Maung MV3 produksi PT Pindad untuk disesuaikan menjadi Popemobile yang digunakan Paus pada Misa Akbar di GBK. Merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami untuk dilibatkan secara langsung dalam mendukung kendaraan operasional pemimpin umat katolik di seluruh dunia sekaligus tokoh lintas agama yang aktif menyerukan perdamaian, ucap Direktur Utama PT Pindad Abraham.

Topik Menarik