Tupperware Bangkrut, CEO Laurie Ann Goldman Menyerah: Ini Jalan Terbaik!  

Tupperware Bangkrut, CEO Laurie Ann Goldman Menyerah: Ini Jalan Terbaik!  

Ekonomi | inews | Rabu, 18 September 2024 - 17:38
share

NEW YORK, iNews.id - Tupperware Brands Corp resmi mengumumkan kebangkrutan atau kepailitan pada Selasa, 17 September 2024. Perusahaan wadah penyimpanan makanan yang ikonik dan juga terkenal di Indonesia ini menyerah setelah permintaan semakin berkurang dan kerugian finansial terus bertambah.

Perusahaan yang memperkenalkan produk plastik pertamanya pada tahun 1946 setelah pendirinya seorang ahli kimia, Earl Tupper menemukan segel kedap udara yang fleksibel, telah mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 11. Pengajuan dilakukan bersama dengan beberapa anak perusahaannya di Pengadilan Kepailitan Amerika Serikat untuk Distrik Delaware.

Tupperware akan meminta persetujuan pengadilan untuk terus beroperasi selama proses berlangsung. Perusahaan juga meminta izin untuk memfasilitasi proses penjualan bagi bisnis tersebut untuk melindungi merek ikoniknya dan mendorong transformasinya menjadi perusahaan yang mengutamakan teknologi digital.

Tupperware Brands bersiap-siap untuk mengajukan kebangkrutan atau kepailitan pada pekan ini setelah beroperasi selama hampir 80 tahun. (Foto: Tupperware)
Tupperware Brands mengajukan kebangkrutan atau kepailitan setelah beroperasi selama hampir 80 tahun. (Foto: Tupperware)

Presiden dan Chief Executive Officer (CEO) Tupperware Laurie Ann Goldman dalam pernyataan resminya mengatakan, selama beberapa tahun terakhir, posisi keuangan perusahaan telah sangat terpengaruh dengan lingkungan ekonomi makro yang menantang. 

"Akibatnya, kami menjajaki berbagai opsi strategis dan memutuskan bahwa ini adalah jalan terbaik ke depan," kata Laurie Ann Goldman dilansir dari businessinsider, Rabu (18/9/2024). 

Tupperware mengklaim telah membuat kemajuan signifikan dalam menerapkan rencana strategis untuk memodernisasi operasinya, memperkuat kemampuan omnichannel dan mendorong efisiensi untuk memicu pertumbuhan.

Untuk diketahui, Bab 11 Undang-Undang Kepailitan Amerika Serikat atau populer disebut Chapter 11 adalah salah satu bab dalam Undang-Undang Kepailitan tentang reorganisasi sesuai hukum kepailitan Amerika Serikat. Bidang usaha berbentuk apa pun bisa meminta perlindungan kebangkrutan Bab 11 termasuk perseroan, perusahaan perseorangan, atau perorangan yang memiliki utang tanpa jaminan paling sedikit 336.900 dolar AS atau utang beragunan paling sedikit 1.010.650 dolar AS. 

Kenapa Tupperware Bangkrut?

Tupperware bangkrut karena permintaan produk wadah penyimpanan makanan itu terus menurun dan utang yang tinggi. Perusahaan telah melewati negosiasi yang berlarut-larut dengan para pemberi pinjaman mengenai cara mengelola utang lebih dari 700 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp10,74 triliun. Para pemberi pinjaman sepakat untuk memberi sedikit kelonggaran pada tahun ini atas ketentuan pinjaman yang dilanggar, tetapi kondisi perusahaan terus memburuk.

Sebenarnya Tupperware juga sudah bertahun-tahun memperingatkan keraguan mereka dalam kemampuannya untuk tetap menjalankan bisnis. Pada bulan Maret, perusahaan yang didirikan pada tahun 1946 oleh Earl Tupper ini mengakui tidak yakin bisnisnya bisa terus berjalan dan menghadapi krisis likuiditas. 

Tupperware Brands Corp resmi mengumumkan kebangkrutan atau kepailitan pada Selasa, 17 September 2024. (Foto: Tupperware)
Tupperware Brands Corp resmi mengumumkan kebangkrutan atau kepailitan pada Selasa, 17 September 2024. (Foto: Tupperware)

Pada bulan Juni, Tupperware berencana untuk menutup satu-satunya pabriknya di AS dan memberhentikan hampir 150 karyawan. Tupperware juga telah mengganti Kepala Eksekutif Miguel Fernandez, menunjuk Laurie Ann Goldman sebagai CEO baru dan beberapa anggota dewan pada tahun lalu demi membalikkan kondisi bisnis. 

Penjualan Tupperware sempat meningkat saat pandemi Covid-19 karena situasi saat itu membuat orang-orang harus tinggal di rumah dan memasak. Wadah penyimpanan Tupperware menjadi pilihan. Namun, setelah pandemi berakhir hingga sekarang, penjualan menurun.

Biaya bahan baku yang naik, tenaga kerja dan biaya pengiriman yang semakin naik turut menekan margin Tupperware hingga sulit bertahan. Tupperware akhirnya menyerah dan bangkrut.

Topik Menarik