Airlangga Sebut Ekonomi RI jadi yang Tercepat Pulih usai Covid-19

Airlangga Sebut Ekonomi RI jadi yang Tercepat Pulih usai Covid-19

Ekonomi | inews | Rabu, 2 Oktober 2024 - 16:22
share

JAKARTA, iNews.id  - Menteri Koordinator bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto mengklaim pemulihan ekonomi Indonesia menjadi yang tercepat di dunia usai Covid-19. Ia pun menjelaskan hal itu menjadi pencapaian satu kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo yang membanggakan.

Airlangga menjelaskan hal tersebut saat menghadiri sarasehan dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, yang digawangi oleh Ketua Umum Kadin Anindya Bakrie, pada hari ini, Rabu siang (2/9/2024) di Menara Kadin.

"Cerita dalam 10 tahun pemerintahan pak Presiden Joko Widodo, dan saya sudah sampaikan bahwa dari segi perekonomian, pasca Covid-19, kita salah satu yang recovery tercepat dengan pertumbuhan ekonomi di 5 persen, inflasi 2,1 persen," ucap Airlangga selepas acara.

Airlangga menjelaskan, capaian pertumbuhan ekonomi di masa pemerintahan Jokowi, yakni neraca perdagangan positif di angka 8 miliar dolar AS. Selain itu, pemerintahan Jokowi, dilanjutkan Airlangga, berhasil mencapai 150 miliar dolar AS, atau naik sekitar 40 miliar dolar AS sejak 2014.

"Angka kemiskinan ekstrem yang sebelumnya di atas 6 persen. Sekarang sudah di bawah 1 persen. Dan dari berbagai angka tersebut, membuktikan perekonomian indonesia sudah berada dalam jalur yang mensejahterakan," tutur dia.
Sementara itu, Ketua Umum Kadin, Anindya Bakrie mengungkapkan capaian positif perekonomian di masa pemerintahan Presiden Jokowi, akan ditingkatkan kembali melalui dukungan dunia usaha di masa pemerintahan mendatang.

Anindya juga mengatakan Menko Airlangga menyebutkan hanya Rp3.600 Triliun dari total Rp20.000 triliun Pendapatan Domestik Bruto (PDB), yang dibicarakan dalam APBN.

"Bukan berarti sisanya itu tidak datang dari tempat lain, di situlah Kadin dan pengusaha-pengusaha privat serta BUMN berkiprah, dan tentunya di sana ada konsumsi domestik juga," ujar Anindya.

Anindya pun mengapresiasi penjelasan Menko Airlangga ihwal tayangan pencapaian pertumbuhan ekonomi Presiden Jokowi, memudahkan dunia usaha untuk membantu sisi pembangunan Indonesia ke depannya. Selain itu, Anindya optimistis dunia usaha melalui Kadin dapat bersinergi dalam pengembangan pertumbuhan ekonomi di masa pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Topik Menarik