Pembebasan Lahan PSN Habiskan Dana Rp134,5 Triliun, Ini Rinciannya

Pembebasan Lahan PSN Habiskan Dana Rp134,5 Triliun, Ini Rinciannya

Berita Utama | inews | Senin, 7 Oktober 2024 - 00:15
share

JAKARTA, iNews.id - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) mencatat total anggaran yang dikucurkan untuk mendanai pembebasan lahan 126 proyek strategi nasional (PSN) mencapai Rp134,45 triliun. Pendanaan ini digelontorkan hingga 4 Oktober 2024.

Menurut Direktur Utama LMAN, Basuki Purwadi anggaran pembebasan lahan PSN terdiri atas 53 jalan tol, 40 bendungan, 5 proyek irigasi, 1 proyek air baku, 10 jalur kereta.

Kemudian, 1 pelabuhan, 1 kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) di Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB), serta 15 PSN di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

“Nah, dari sekian banyak PSN itu yang dilakukan pembebasan lahannya melalui LMAN ada 126 proyek strategis nasional, terdiri atas bendungan, irigasi, air baku, jalur kereta api, dan ada satu lagi yaitu proyek kawasan pariwisata Mandalika,” ujar Basuki saat konferensi pers, Senin (7/10/2024).

Dana jumbo yang disuntik LMAN direalisasikan sejak 2017 hingga 4 Oktober tahun ini. Basuki mengaku, dari 126 PSN tersebut baru 78 proyek yang sudah selesai dan dioperasi saat ini. 

“78 di antaranya sudah selesai atau sudah dioperasi, misalnya jadi bangun bendungan sudah selesai, sudah digunakan, kalau beroperasi biasanya jalan tol sudah diresmikan, sudah bisa digunakan oleh masyarakat, jadi total sudah 78 (PSN),” ucap dia.

Basuki mengingatkan bahwa LMAN memiliki fungsi pendanaan untuk pengadaan tanah dalam proyek strategis nasional. Badan Layanan Umum non Eselon di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini berperan sebagai special land bank pendanaan pengadaan tanah bagi pembangunan infrastruktur di dalam negeri. 

“Saya ingin menjelaskan PSN itu jumlahnya banyak sekali, tidak semua PSN pendanaan lahannya melalui LMAN, Jadi ada yang dilakukan melalui kementerian atau lembaga yang bersangkutan,” kata Basuki.

Topik Menarik