Perjalanan Karier Yovie Widianto, Musisi yang Dilantik Jadi Staf Khusus Presiden

Perjalanan Karier Yovie Widianto, Musisi yang Dilantik Jadi Staf Khusus Presiden

Gaya Hidup | inews | Selasa, 22 Oktober 2024 - 12:20
share

JAKARTA, iNews.id - Yovie Widianto dilantik Presiden RI Prabowo Subianto menjadi Staf Khusus (stafsus) Presiden di Istana Merdeka, Jakarta hari ini (22/10/2024). Seperti apa perjalanan karier Yovie Widianto?

Yovie Widianto dikenal sebagai musisi dan komposer ternama di Indonesia. Tangan dinginnya berhasil menciptakan sejumlah hits yang dibawakan penyanyi kenamaan seperti Rio Febrian, Audy, Pinkan Mambo, Astrid, Chrisye, Glenn Fredly, Rossa, Alika, Monita, Lyodra, Tiara Andini, Ziva Magnolya, dan banyak lagi. 

Pria kelahiran 21 Januari 1968 itu juga dikenal sebagai salah satu pendiri grup musik Kahitna, Yovie and Nuno, dan 5 Romeo yang aransemen musiknya mempunyai ciri khas sendiri. 

Lima lagu ciptaan Yovie Widianto begitu populer dari generasi ke generasi. Ini membuktikan kesuksesannya di dunia musik Indonesia. Adapun lagu itu mencakup Cantik (Kahitna), Andai Dia Tahu (Kahitna), Menjaga Hati (Yovie and Nuno), Adu Rayu (Yovie Widianto feat Tulus dan Glenn Fredly), dan Terlanjur Mencinta (Lyodra, Tiara Andini, dan Ziva Magnolya).

Sepanjang karier, Yovie Widianto juga sukses meraih beberapa penghargaan diajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) diantaranya Pencipta Lagu R&B Terbaik (2000), Pencipta Lagu Alternatif Terbaik (2001), Produser/Penata Musik Pop Terbaik (2011), Produser/Penata Musik Pop Terbaik (2019), Produser Rekaman Terbaik (2019), Pencipta Lagu Pop Terbaik (2020) dan masih banyak lagi.

Kini Yovie Widianto diangkat sebagai Staf Khusus Presiden. Pengangkatan Yovie sebagai pejabat Istana tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 75/M Tahun 2024 tentang Pengangkatan Staf Khusus Khusus Presiden RI.

Sebelum menjalani pelantikan hari ini, Yovie sempat memberikan pernyataan kepada awak media menyoal tugasnya dibawah kepemimpinan Presiden RI Prabowo Subianto dan Wakil Presiden RI Gibran Raka Buming Raka Periode 2024-2029.

"Kalau di sini saya lebih membantu presiden dalam strategi ekonomi kreatif ataupun juga pemberdayaan ekonomi kreatif yang bisa jadi tidak hanya di satu kementerian tidak jauh dari pengalaman pekerjaan saya selama ini," kata Yovie Widianto dikutip dari tayangan live iNews.

Topik Menarik