Operasi Militer Gabungan dengan Perlawaran Islam di Irak, Houthi Klaim Serang Target Penting di Haifa Israel

Operasi Militer Gabungan dengan Perlawaran Islam di Irak, Houthi Klaim Serang Target Penting di Haifa Israel

Global | okezone | Rabu, 3 Juli 2024 - 15:37
share

ISRAEL - Houthi Yaman mengatakan pada Selasa (2/7/2024) bahwa mereka, bersama dengan perlawanan Islam di Irak, telah melakukan operasi militer gabungan, menyerang sasaran penting di Haifa Israel.

Juru bicara militer Houthi Yahya Saree dalam pernyataan yang disiarkan televisi mengatakan operasi militer tersebut dilakukan dengan sejumlah rudal bersayap, tanpa mengidentifikasi target yang diserang.

Kelompok Houthi telah melancarkan serangan drone dan rudal di jalur pelayaran sejak November tahun lalu, sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina di Gaza.

Kelompok Houthi yang bersekutu dengan Iran pertama kali melancarkan serangan drone dan rudal di jalur pelayaran pada bulan November. Dalam puluhan serangan, mereka telah menenggelamkan dua kapal, menyita kapal lain dan membunuh sedikitnya tiga pelaut.

Sebelumnya, kelompok Houthi Yaman mengatakan pada Senin (1/7/2024) bahwa mereka melakukan empat operasi militer yang menargetkan empat kapal di Laut Merah, Laut Arab dan Mediterania serta Samudera Hindia yang terhubung dengan Amerika Serikat (AS), Inggris dan Israel.

“Dalam operasi pertama, kapal Israel MSC Unific menjadi sasaran di Laut Arab,” kata Yahya Sarea, juru bicara kelompok Yaman, dikutip Reuters.

Topik Menarik