Serangan Pesawat Nirawak Israel Tewaskan 6 Pejuang Palestina

Serangan Pesawat Nirawak Israel Tewaskan 6 Pejuang Palestina

Global | okezone | Jum'at, 6 September 2024 - 11:35
share

TUBAS - Pasukan Israel menewaskan enam pejuang Palestina di kota Tubas dan di kamp pengungsi terdekat di Tepi Barat yang diduduki pada Kamis (5/9/2024) pagi. Serangan itu terjadi saat operasi besar di wilayah itu memasuki minggu kedua.

Insiden itu terjadi selama serangan di berbagai wilayah Tepi Barat yang melibatkan ratusan tentara, polisi, dan perwira intelijen yang didukung oleh helikopter, pesawat nirawak, dan kendaraan lapis baja. Ini menjadi aksi militer Israel terbesar di wilayah itu dalam beberapa bulan.

Di Tubas, sebuah kota di utara Lembah Yordan tempat 10 orang tewas selama seminggu terakhir, ratusan pelayat bergabung dalam prosesi pemakaman. Termasuk puluhan pria bersenjata yang melepaskan tembakan ke udara.

Militer Israel mengatakan tiga serangan pesawat nirawak menghantam sel militan yang mengancam tentara di Tubas, menewaskan sejumlah orang termasuk Mohammad Zakaria Zubeidi, yang digambarkan sebagai "teroris penting" di wilayah Jenin.

Pejabat kesehatan Palestina mengatakan serangan itu menewaskan lima orang dan melukai tiga orang lainnya. Kelima orang tersebut diklaim sebagai anggota oleh sayap bersenjata Jihad Islam yang didukung Iran.

Sebuah mobil rusak berat yang diparkir di area garasi dikelilingi oleh bercak darah di mana para pria tewas dalam serangan itu.

Seorang warga Palestina keenam, yang diidentifikasi sebagai seorang remaja berusia 16 tahun oleh pejabat kesehatan Palestina, juga tewas di daerah Far'a, dekat Tubas, selama baku tembak dengan pasukan keamanan Israel.

Militer mengatakan ia dipersenjatai dengan alat peledak tetapi tidak ada klaim dari kelompok militan mana pun bahwa ia adalah anggota.

Dalam operasi yang sama di sekitar Far'a, militer mengatakan serangan pesawat tak berawak menghantam sejumlah pejuang yang melemparkan bahan peledak dan menembaki pasukan keamanan. Namun tidak ada laporan kematian dalam insiden itu dari otoritas Palestina.

 

Pasukan Israel tetap berada di Tulkarem pada Kamis (5/9/2024) dan di kota Jenin yang menjadi titik api, yang secara historis merupakan salah satu pusat utama kelompok bersenjata Palestina di Tepi Barat.

Wilayah itu direbut Israel dalam perang Timur Tengah tahun 1967, dan Palestina membayangkannya sebagai bagian dari negara yang pada akhirnya juga mencakup Gaza dan Yerusalem Timur.

Operasi sembilan hari itu telah meninggalkan jejak rumah-rumah yang terbakar dan rusak di Jenin dan lebih dari 20 km jalan raya yang digali oleh traktor lapis baja dalam apa yang dikatakan militer Israel sebagai taktik yang diperlukan untuk menetralkan bom pinggir jalan yang terkubur.

Layanan air dan listrik juga terganggu, sementara ribuan orang telah diperintahkan meninggalkan rumah mereka di beberapa bagian kota. Otoritas kesehatan juga mengatakan ambulans menghadapi masalah saat melewati blokade Israel di sekitar rumah sakit utama kota itu.

Setidaknya 39 warga Palestina telah tewas di seluruh Tepi Barat selama operasi itu, menurut otoritas kesehatan Palestina. Sebagian besar dari mereka adalah pejuang bersenjata tetapi beberapa warga sipil yang tidak terlibat juga tewas, termasuk seorang gadis berusia 16 tahun. Seorang tentara Israel juga tewas.

Tepi Barat telah mengalami peningkatan kerusuhan sejak pecahnya perang antara pasukan Israel dan Hamas di Jalur Gaza Oktober lalu, dengan tindakan militer Israel, serangan militan Palestina terhadap warga Israel, dan kekerasan oleh pemukim Yahudi terhadap komunitas Palestina.

Topik Menarik