PT PLN Nusantara Power Gresik Adakan Pelatihan Administrasi Keuangan untuk UMKM Gending

PT PLN Nusantara Power Gresik Adakan Pelatihan Administrasi Keuangan untuk UMKM Gending

Ekonomi | gresik.inews.id | Rabu, 16 Oktober 2024 - 15:10
share

GRESIK, iNewsGresik.id – Kompleksitas dalam pencatatan operasional kerap menjadi kendala bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Menyikapi hal ini, PT PLN Nusantara Power Unit Pembangkitan (UP) Gresik mengambil inisiatif untuk menggelar pelatihan administrasi keuangan. 

Pelatihan ini, melibatkan sebanyak 30 UMKM yang tergabung dalam komunitas Gending Gendis di Kelurahan Gending, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik,

Selaim menghadirkan seorang narasumber praktisi keuangan dari Surabaya, juga membagikan panduan praktis terkait pengelolaan keuangan usaha.

Satriyo, Manager Business Support PT PLN NP UP Gresik, menegaskan bahwa pelatihan ini merupakan bentuk dukungan perusahaan terhadap pengembangan usaha kecil yang sering menghadapi kesulitan dalam pencatatan keuangan. 

“Kegiatan ini merupakan bagian dari program pemberdayaan UMKM pada desa berdaya binaan PT PLN NP UP Gresik,” ujarnya, Rabu (16/10/2024). 

PT PLN NP UP Gresik sebelumnya telah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mendukung UMKM. Bersama KUA Kebomas, pelatihan pembuatan sertifikat halal telah dilaksanakan.

Sedangkan, dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu membantu UMKM dalam pengurusan legalitas produk seperti NIB, PIRT, sertifikat standar, dan SPPL untuk izin lingkungan.

“Hingga saat ini, lebih dari 80 UMKM telah berhasil mendapatkan legalitas produk,” tambah Satriyo.

Masih kata Satriyo, jumlah UMKM di Kelurahan Gending terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun belum diiringi dengan kemajuan kinerja keuangan.

Pelatihan ini, diharapkan para pelaku usaha mampu memisahkan keuangan pribadi dan bisnis, serta menyusun strategi yang lebih profesional untuk mempertahankan dan mengembangkan usaha mereka.

"Pelatihan ini menjadi langkah nyata dalam mendukung kemajuan UMKM di Gresik agar mampu bersaing dan tumbuh secara berkelanjutan " pungkas Satriya.

Topik Menarik