Kebakaran Pasar Sentral Remu Sorong, Ratusan Kios Hangus Dilalap Api

Kebakaran Pasar Sentral Remu Sorong, Ratusan Kios Hangus Dilalap Api

Terkini | inews | Minggu, 29 September 2024 - 06:31
share

SORONG, iNews.id – Kebakaran melanda Pasar sentral Remu Kota Sorong, Papua Barat Daya, Sabtu (28/9/2024). Akibat kebakaran tersebut, ratusan kios milik para pedagang hangus dilalap api. 

Upaya pemadaman berlangsung sekitar tujuh jam lantaran kondisi pasar yang padat serta banyaknya warga yang berkerumun untuk mengabadikan momen kebakaran menambah kesulitan petugas dalam memadamkan api.

Selain itu, polisi mengamankan beberapa orang yang diduga menjarah barang-barang milik para pedagang di lokasi kebakaran.

Kapolresta Sorong, Kombes Pol Happy Perdana Yudianto mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 18.00 WIT. Api diduga berasal dari los A Pasar Remu.

“Bangunan pasar yang mayoritas terbuat dari bahan mudah terbakar membuat api cepat menjalar Hasil pendataan sementara, lebih dari 500 kios pedagang hangus terbakar,” ungkapnya.

Dia mengatakan, sebanyak tiga mobil pemadam kebakaran dari Pemerintah Kota Sorong dan bandara, water cannon milik Brimob Yon B Sorong, serta belasan mobil tangki air dikerahkan untuk memadamkan api. Petugas yang dibantu warga berupaya keras memadamkan kobaran api yang semakin besar.

“Akses menuju lokasi kebakaran terhambat karena padatnya pasar dan para pedagang yang berusaha menyelamatkan barang dagangan mereka,” katanya.

Dia mengatakan, warga yang berkerumun di sekitar lokasi untuk menyaksikan dan mengabadikan kebakaran juga mempersulit petugas pemadam kebakaran.

Meski imbauan untuk menyingkir demi keselamatan dan kelancaran proses pemadaman sudah disampaikan berkali-kali, banyak warga yang tidak mengindahkan.

“Penyebab pasti kebakaran belum diketahui termasuk jumlah kerugian karena masih dalam pendataan. Kami juga mengerahkan ratusan aparat untuk mengantisipasi aksi penjarahan,” ujarnya.

Topik Menarik