Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening yang Diidap Wati Siregar Sebelum Meninggal Dunia, Ini Gejalanya

Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening yang Diidap Wati Siregar Sebelum Meninggal Dunia, Ini Gejalanya

Gaya Hidup | inews | Minggu, 29 September 2024 - 09:06
share

JAKARTA, iNews.id - Penyakit kanker kelenjar getah bening yang diidap Wati Siregar sebelum wafat akan dibahas di artikel ini. Beberapa gejalanya pun harus diketahui untuk mencegah penyakit semakin parah. 

Wati Siregar meninggal dunia. Ibu kandung Sonny Septian dan Elma Theana itu mengembuskan napas terakhir di RS Citra Arafiq. 

Sonny dan ibunda tersayang, beserta keluarga. (Foto: Instagram)
Sonny dan ibunda tersayang, beserta keluarga. (Foto: Instagram)

Sebelum meninggal, Wati Siregar diketahui mengidap penyakit kanker kelenjar getah bening. Gegara penyakit tersebut, kondisi kesehatan artis lawas ini pun semakin buruk, hingga akhirnya wafat di usia 71 tahun. 

Dari apa yang dialami Wati Siregar, masyarakat perlu mengetahui apa itu penyakit kanker kelenjar getah bening beserta gejalanya. Dengan begitu, pencegahan bisa dilakukan sedini mungkin. 

Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker kelenjar getah bening atau limfoma adalah kanker pada sistem limfatik. Sistem limfatik ini adalah bagian dari kekebalan tubuh manusia yang fungsinya melawan kuman dan penyakit. 

Limfoma muncul ketika sel-sel sehat dalam sistem limfatik berubah dan tumbuh tak terkendali. 

Dalam sistem limfatik, ada kelenjar getah bening yang mana kelenjar ini bisa juga ditemukan di seluruh tubuh. Sebagian besar kelenjar getah bening ada di perut, selangkangan, panggul, dada, ketiak, dan leher. 

Tak hanya kelenjar getah bening, sistem limfatik juga meliputi limpa, timus, amandel, dan sumsum tulang. Nah, kanker limfoma bisa memengaruhi semua area itu dan organ lain dalam tubuh. 

Setidaknya ada dua jenis limfoma atau kanker kelenjar getah bening, yaitu Limfoma Hodgkin dan Limfoma non-Hodgkin. 
Namun, pada kasus yang jarang terjadi, jenis kanker limfoma lainnya adalah limfoma sel B kulit, limfoma sel T kulit, leukemia limfositik kronis, dan makroglobulinemia waldenstrom. 

Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

Tanda-tanda umum kanker kelenjar getah bening antara lain:

Kanker kelenjar getah bening. (Foto: Freepik)
Kanker kelenjar getah bening. (Foto: Freepik)
  • Demam
  • Keringat di malam hari
  • Kelelahan
  • Kulit gatal
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di perut, leher, ketiak, atau selangkangan tanpa rasa sakit
  • Nyeri pada dada, perut, atau tulang
  • Berat badan turun drastis tanpa alasan jelas

Sebagai informasi, orang dengan riwayat penyakit kanker kelenjar getah bening berisiko lebih tinggi mengalami penyakit ini. Lalu, orang yang imunnya lemah juga berisiko kena kanker kelenjar getah bening. 

Selain itu, faktor usia juga berpengaruh pada risiko kanker kelenjar getah bening. Dikatakan Mayo Clinic, orang berusia di atas 55 tahun lebih banyak dilaporkan mengalami kanker ini. Meski begitu, kanker limfoma bisa dialami remaja maupun orang dewasa. 

Jadi, itu dia informasi terkait dengan kanker kelenjar getah bening yang diidap Wati Siregar, ibunda Sonny Septian dan Elma Theana, sebelum meninggal dunia. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Topik Menarik