Ahmad Ali Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis bagi Korban Bencana Alam Palu 2018

Ahmad Ali Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis bagi Korban Bencana Alam Palu 2018

Terkini | inews | Minggu, 29 September 2024 - 11:01
share

PALU, iNews.id - Pasangan calon gubernur Ahmad Ali dan calon wakil gubernur Sulawesi Tengah Abdul Karim Aljufri, melalui tim koalisi Bersama Ahmad Ali-Abdul Karim (Beramal) menggelar pemeriksaan kesehatan gratis bagi para korban bencana alam di Kelurahan Panau, Kecamatan Tawaeli, Kota Palu, Sabtu (28/9/2024).

Kegiatan ini sebagai refleksi enam tahun bencana gempa, likuefaksi, dan tsunami yang terjadi pada 28 September 208 silam di Kota Palu dan sekitarnya. 

Masyarat yang mengikuti kegiatan merupakan penyintas gempa dan tsunami 2018. Tim Koalisi menghadirkan lima tenaga medis, termasuk dokter dan perawat.

Selain untuk memberikan layanan kesehatan gratis, kegiatan itu sekaligus untuk mendengar cerita para penyintas setelah tinggal di hunian tetap (Huntap) pascabencana.

"Insya Allah bersama Bapak Gubernur Ahmad Ali nanti, kita akan terus memastikan program dan kebijakan yang responsif bagi para korban bencana alam, serta menyusun agenda ketangguhan ke depan, karena kita tinggal dan hidup di sesar aktif Palu Koro," ucap juru kampanye Beramal, Mutmainah Korona.

Bagi perempuan berhijab yang juga Anggota DPRD Kota Palu itu, enam tahun pascabencana alam, masalah belum terselesaikan secara tuntas.

"Pembangunan rehab rekon hampir tuntas walau masih berkutat seputar insfrastruktur dan pemukiman. Itu pun masih ada penyintas yang menunggu kepastian Huntap-nya," katanya.

Tak hanya itu, ke depan yang perlu dilakukan oleh pemerintah adalah memastikan pemulihan ekonomi dan penyiapan kota tangguh bencana yang perlu dikawal bersama.

Topik Menarik