Wakil Sri Mulyani Bertemu Wamenkeu China, Jamin Transisi Pemerintahan Prabowo Berjalan Baik

Wakil Sri Mulyani Bertemu Wamenkeu China, Jamin Transisi Pemerintahan Prabowo Berjalan Baik

Ekonomi | inews | Minggu, 29 September 2024 - 19:04
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Indonesia Suahasil Nazara bertemu dengan Wakil Menteri Keuangan China Liao Min. Dalam pertemuan itu, mereka membahas kolaborasi antarkedua negara dan membahas sejumlah isu.

Suahasil menjelaskan kepada Liao Min bahwa transisi pemerintahan Indonesia saat ini sedang berlangsung berjalan dengan baik. Ia juga menegaskan komitmen keberlanjutan di pemerintahan ke depan.

“Kepemimpinan Presiden terpilih Prabowo Subianto akan membawa keberlanjutan kebijakan dari pemerintahan sebelumnya dan berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan Indonesia ke depan,” ujar Suahasil.

Menurutnya, saat ini, Indonesia memiliki forum dialog dengan berbagai negara, seperti Australia, Jepang, dan Arab Saudi. Wamenkeu Suahasil mengusulkan untuk melakukan High Level Policy Dialogue (HLPD) antara Indonesia dengan Tiongkok.

Suahasil menjelaskan, forum tersebut menjadi penting karena kedua negara dapat membahas tantangan ekonomi bersama dan mengeksplorasi bidang-bidang yang menjadi kepentingan bersama, seperti perdagangan, investasi, dan pembangunan berkelanjutan. 

“HLPD ini tidak hanya memperkuat hubungan bilateral, tetapi juga memperkuat stabilitas regional dan pembangunan ekonomi di Asia Tenggara dalam mendukung integrasi dan pertumbuhan ASEAN melalui koordinasi kebijakan dan proyek-proyek kolaboratif,” katanya.

Sebagai pemegang saham terbesar di Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB), Suahasil juga berharap Tiongkok dapat memberikan dukungan kepada Indonesia dalam beberapa hal, seperti perluasan operasional AIIB di Indonesia.

Dalam pertemuan sebelumnya, Presiden AIIB mengatakan ingin meningkatkan jumlah proyek, program pembiayaan, dan pembentukan perwakilan negara AIIB di Indonesia.

“Tentunya Indonesia terbuka dengan ide-ide tersebut. Sebagai pemegang saham terbesar ke-8 di AIIB, Indonesia memiliki jaringan infrastruktur yang luas dan berbagai inovasi digital sebagai aset yang tak ternilai untuk pembentukan pusat regional AIIB," ucap dia.

"Pembentukan perwakilan AIIB di Indonesia juga dapat meningkatkan pengaruh dan hubungan yang lebih erat dengan negara-negara ASEAN, yang berpotensi pada kemitraan dan proyek baru,” kata Suahasil.

Topik Menarik