Wah, Mantan Presiden Filipina Duterte Maju Pilwalkot demi Selamatkan Dinasti Politik Keluarga

Wah, Mantan Presiden Filipina Duterte Maju Pilwalkot demi Selamatkan Dinasti Politik Keluarga

Terkini | inews | Rabu, 9 Oktober 2024 - 11:13
share

DAVAO, iNews.id - Mantan Presiden Filipina Rodrigo Duterte mencalonkan diri sebagai wali kota Davao. Dia telah mendaftar ke komisi pemilihan umum setempat, berpasangan dengan putranya, Sebastian, yang menjadi calon wakil wali kota.

Duterte rela turun untuk bertarung menjadi wali kota sebagai upaya terakhir untuk menyelamatkan dinasti politik keluarganya yang semakin terpuruk.

Pamor Duterte memudar dalam beberapa bulan terakhir setelah keluarganya pecah kongsi dengan kubu Presiden Ferdinand Marcos Jr. Itu ditandai dengan pengunduran diri putrinya, Sara Duterte, sebagai menteri pendidikan pada Juni lalu. Namun Sara tetap mempertahankan jabatan sebagai wakil presiden.

Pengunduran diri Sara sebagai menteri pendidikan berarti hilangnya pengaruh keluarga besar Duterte dalam pemerintahan Marcos Jr. Padahal keluarga Duterte ikut berperan besar menaikkan Marcos Jr sebagai presiden dalam pemilu pada 2023.

Keputusan Duterte untuk mencalonkan diri sebagai wali kota mencuat saat dia menghadapi penyelidikan Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) atas tuduhan terlibat dalam pembunuhan di luar hukum saat menangani kejahatan narkoba. Lebih dari 4.000 orang dilaporkan tewas tanpa melalui proses persidangan selama Duterte menjabat presiden selama 6 tahun.

Pengacara Kristina Conti mengatakan, ICC bisa saja mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Duterte akhir tahun ini.

Kans Duterte untuk memenangkan pemilihan wali kota sangat besar. Kota di Filipina selatan itu dikuasai kelurga Duterte sejak lama. Meski demikian pamor keluarga Duterte menunjukkan tren menurun.

Topik Menarik