Tingkatkan Daya Gempur Alutsista, TNI AL Uji Kekuatan Amunisi HESH-T Tank Amfibi di Situbondo

Tingkatkan Daya Gempur Alutsista, TNI AL Uji Kekuatan Amunisi HESH-T Tank Amfibi di Situbondo

Terkini | inews | Senin, 14 Oktober 2024 - 13:07
share

JAKARTA, iNews.id - TNI AL melaksanakan uji fungsi amunisi Tank PT (76)M jenis HESH-T (High Explosive Squash Head Tracer) kaliber 90 milimeter. Amunisi HESH-T merupakan hasil pengadaan dari PT Lentera Sumber Utama.

Uji fungsi yang dipimpin langsung oleh Komandan Resimen Kavaleri 2 Marinir (Danmenkav 2 Mar), Kolonel Mar La Ode Jimmy Herizal Rahman itu dilaksanakan di Puslatpur Marinir 5 Baluran, Karangtekok Sumberwaru, Situbondo, Jawa Timur, Jumat (11/10/2024).

"Uji amunisi HESH-T ini merupakan momentum penting yang diharapkan dapat memperkuat alutsista TNI AL, khususnya tank amfibi dengan menambah daya tembak dan daya gempur," ujar Kepala Laboratorium Induk Senjata Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AL (Kasilabsenum Dislitbangal, Letkol Laut (E) Ali Mashudi dikutip dari keterangan TNI AL, Senin (14/10/2024).

Dia menjelaskan, uji fungsi melibatkan penembakan sasaran baja setebal 8 milimeter pada jarak 1.000 meter dan 2.000 meter serta uji fuse pada jarak 20 meter. 

Dia menjelaskan, kesiapan dan spesifikasi teknis amunisi sebelum pelaksanaan pengujian ini melibatkan personel berkompeten termasuk instrumentasi alat uji dari Labinsen Dislitbangal. 

"Ini merupakan momentum penting yang diharapkan dapat memperkuat alutsista TNI AL, khususnya tank amfibi, dengan menambah daya tembak dan daya gempur," ucapnya.

Topik Menarik