Polri Sudah Setor Nama Kandidat Ajudan Prabowo-Gibran ke Setmilpres

Polri Sudah Setor Nama Kandidat Ajudan Prabowo-Gibran ke Setmilpres

Berita Utama | inews | Senin, 14 Oktober 2024 - 14:50
share

DEPOK, iNews.id - Polri telah mengirim nama-nama yang akan diseleksi menjadi ajudan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka usai dilantik menjadi presiden dan wakil presiden (wapres). Nama-nama itu sudah diserahkan ke Sekretariat Militer Presiden (Setmilpres).

"Sudah (dimulai seleksi ajudan presiden-wapres). Setmilpres yang laksanakan seleksi. (Polri) hanya mengajukan nama," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Sandi Nugroho di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Senin (14/10/2024).

Sandi tidak bisa memastikan jumlah nama yang telah disetor karena bersifat dinamis. Hanya saja, dia menyatakan nama-nama yang diserahkan telah memenuhi syarat, salah satunya minimal berpangkat Komisaris Besar (Kombes).

"(Syarat) sama seperti sebelumnya, jadi ada persyaratan pangkat, persyaratan pendidikan. (Minimal pangkat terakhir) Kombes," tutur dia.

Diketahui, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai presiden dan wapres di Gedung MPR, Senayan, Jakarta pada Minggu (20/10/2024).

Sebelumnya, Ketua MPR Ahmad Muzani mengatakan pihaknya bakal mengundang kandidat Pilpres 2024 seperti Ganjar Pranowo hingga Anies Baswedan ke pelantikan presiden dan wapres pada 20 Oktober 2024.

"Insya Allah pelantikan akan dihadiri oleh sejumlah tokoh-tokoh termasuk akan dihadiri selain Presiden dan Wakil Presiden terpilih, kami akan undang kandidat Presiden, kandidat Wakil Presiden dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2024 kemarin," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (9/10/2024).

Selain para peserta Pilpres 2024, kata dia, pihaknya juga mengundang mantan presiden dan wakil presiden hingga pimpinan partai politik (parpol).

"Rencananya juga akan hadir sejumlah kepala negara dan kepala pemerintahan dari negara-negara sahabat," tutur dia.

Topik Menarik