Jokowi Beberkan Alasan Copot Budi Gunawan dari Kepala BIN

Jokowi Beberkan Alasan Copot Budi Gunawan dari Kepala BIN

Terkini | inews | Rabu, 16 Oktober 2024 - 11:25
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan alasannya mencopot Budi Gunawan dari jabatan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Pencopotan dikarenakan alasan administrasi.

"Oh itu administrasi aja. Administrasi artinya karena Kepala BIN yang baru ini akan dilantik bersama-sama dengan menteri pada tanggal 21 (Oktober)," kata Jokowi usai meresmikan Jalan Tol Indrapura-Kisaran, Sumatera Utara, Rabu (16/10/2024).

Menurut Jokowi, pemberhentian Budi sebagai kepala BIN juga telah dibahas bersama Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

"Sehingga itu dilakukan, dan kita juga telah berbicara dengan Pak Prabowo," kata Jokowi.

Sebelumnya, pencopotan Budi Gunawan diketahui dari Surat Presiden (Surpres) Nomor R51 tertanggal 10 Oktober 2024 perihal Permohonan Pertimbangan Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala BIN.

Jokowi kemudian menunjuk Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra sebagai pengganti Budi Gunawan.

Herindra saat ini telah tiba di Gedung Nusantara II DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (16/10/2024). Herindra bakal mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) sebagai calon Kepala BIN.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan, pihaknya akan langsung mengumumkan hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Kepala BIN dalam rapat paripurna yang digelar Kamis (17/10/2024).

Setelah itu, DPR akan langsung mengirim surat kepada Presiden terkait hasil fit and proper test tersebut.

Topik Menarik