Detik-Detik Penerbangan Maut Pesawat SAM Air Jatuh di Pohuwato, 4 Orang Tewas

Detik-Detik Penerbangan Maut Pesawat SAM Air Jatuh di Pohuwato, 4 Orang Tewas

Terkini | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 11:06
share

GORONTALO, iNews.id - Detik-detik pesawat SAM Air jatuh tidak jauh dari runway Bandara Panua Pohuwato, Gorontalo, Minggu (20/10/2024). Peristiwa ini mengakibatkan empat orang tewas yakni tiga kru dan satu penumpang.

Momen pesawat jatuh ini direkam peternak ikan yang ada di empang sekitar lokasi kejadian hingga viral di media sosial. Dalam video terekam detik-detik pesawat SAM Air akan melakukan landing di runway 27 bandara. Akan tetapi pesawat terlihat berputar-putar dan bermanuver ke kiri dan seketika jatuh di empang.

Dalam rekaman juga terlihat pesawat meledak akibat benturan keras ke permukaan tanah hingga membuat warga berteriak dan meminta tolong. 

Sementara Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo melaporkan sebelum terjatuh pesawat sempat hilang kontak dan melakukan go arround dengan belokan ke kiri.

Kepala Dinas Perhubunungan Provinsi Gorontalo Jamal Nganro mengatakan, ada empat orang tewas di lokasi kejadian. Masing-masing tiga awak pesawat dan satu penumpang.

"Pesawat terjatuh sekitar 100-150 meter di sebelah kiri dari runway bandara," ujar Jamal Nganro, Minggu (20/10/2024).

Saat ini petugas gabungan telah melakukan evakuasi bangkai pesawat. Sementara empat korban meninggal telah dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Gorontalo.

Topik Menarik