Kecelakaan di Tol Cipularang, Truk Kontainer Terbalik Picu Kemacetan Panjang

Kecelakaan di Tol Cipularang, Truk Kontainer Terbalik Picu Kemacetan Panjang

Terkini | inews | Kamis, 24 Oktober 2024 - 11:44
share

PURWAKARTA, iNews.id - Truk kontainer boks sarat muatan terbalik dan menutup seluruh ruas akses jalan Tol Cipularang, kilometer 92, jalur A dari arah Jakarta menuju Bandung, Rabu (23/10/2024) sore. Tidak ada korban dalam insiden ini namun sempat menimbulkan kemacetan panjang.

Dari pemeriksaan awal polisi, penyebab kecelakaan diduga akibat truk tidak kuat menanjak. Kemudian saat truk berjalan mundur ada masalah dengan sistem pengereman sehingga langsung terguling.

Truk yang kecelakaan ini berpelat nomor B 9931 TEI dikemudikan Imam (33). Lokasi kejadiannya di sekitar wilayah Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Posisi truk kontainer berbobot 30 ton tersebut terbalik bersama dengan bodi kendaraanya sehingga menutup seluruh badan jalan tol jalur menuju arah Bandung.

Dani pengguna jalan tol mengatakan, saat menanjak truk kontainer sudah oleng dari bawah karena mengalami pecah di selang sistem pengereman. 

"Saat mobil kembali mundur sopir loncat untuk menyelamatkan diri," ujarnya, Rabu (23/10/2024).

Sementara hasil pemeriksaan Satlantas Polres Purwakarta, truk tak kuat menanjak dan kembali mundur sebelum akhirnya terbalik. 

"Dampak kecelakaan jalur tertutup semua badan truk sehingga sempat terjadi kemacetan sepanjang 4 kilometer lebih. Kami  melakukan rekayasa lalu lintas dengan mengeluarkan kendaraan di tol ke jalur arteri yang menuju arah bandung di Gerbang Tol Jatiluhur Purwakarta," ujar Kasatlantas Polres Purwakarta AKP Dadang Supriadi.

Setelah berjibaku selama dua jam lebih, bangkai truk dan kontainernya berhasil dipindahkan. Arus lalu lintas menuju Bandung di Tol Cipularanag kembali dibuka. Kasus kecelakaan ini sudah dalam penanganan Unit Laka Lantas Polres Purwakarta.

Topik Menarik