Cagub Sultra Ruksamin Hadiri Makan Malam di Kantor Special Envoy Presiden Seychelles untuk ASEAN

Cagub Sultra Ruksamin Hadiri Makan Malam di Kantor Special Envoy Presiden Seychelles untuk ASEAN

Terkini | kendari.inews.id | Minggu, 29 September 2024 - 20:50
share

KENDARI, iNewsKendari.id - Ruksamin, Calon Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), hadiri undangan makan malam resmi di kantor Special Envoy of President Seychelles untuk ASEAN, H.E. Mr. Nico Barito, Sabtu (29/9/2024).

Acara ini menjadi momen penting mempererat hubungan antara Sulawesi Tenggara dengan Seychelles, utamanya pengembangan ekonomi pesisir berkelanjutan.

Melalui pertemuan ini H.E. Mr. Nico Barito menyampaikan niat baik Seychelles untuk membantu Sultra, mengembangkan ekonomi kerakyatan di kawasan pesisir. Pengalaman kaya dalam pengelolaan dan pengembangan pulau-pulau kecil, Seychelles menawarkan kolaborasi dalam membangun ekonomi pesisir yang kuat dan inklusif.

Isu utama yang diangkat dalam pertemuan ini adalah, pengembangan ekonomi biru, melibatkan pengelolaan sumber daya laut berkelanjutan dan penguatan konservasi.

Apalagi, Seychelles sudah dikenal secara internasional dalam upaya pelestarian lingkungan laut, dapat menjadi panduan berharga bagi Sulawesi Tenggara. 

Pengembangan ekonomi biru di Sulawesi Tenggara tidak hanya akan fokus pada peningkatan sektor perikanan dan pariwisata berkelanjutan, tetapi juga melibatkan pelestarian ekosistem pesisir melalui kawasan konservasi yang terkelola dengan baik. 

Hal ini diharapkan dapat mendorong kesejahteraan masyarakat setempat sekaligus melindungi keanekaragaman hayati laut.

Topik Menarik