Jokowi Optimistis Target 61 Proyek Bendungan Rampung Akhir Tahun

Jokowi Optimistis Target 61 Proyek Bendungan Rampung Akhir Tahun

Nasional | okezone | Kamis, 29 Agustus 2024 - 15:09
share

TASIKMALAYA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis target penyelesaian 61 proyek infrastruktur bendungan di sejumlah daerah bisa tercapai di akhir tahun 2024. Hal itu disampaikan Jokowi usai meresmikan Bendungan Leuwikeris yang berada di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (29/8/2024).

"Iya, yang belum selesai nanti diselesaikan tahun depan. 61 bendungan. Atau nanti akhir Desember mungkin bisa targetnya tercapai," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan bahwa Bendungan Leuwikeris ini merupakan bendungan ke-45 yang telah diresmikannya.

"Jadi, ini adalah bendungan yang ke-45 yang sudah kita resmikan, dan masih ada 8 lagi yang segera kita resmikan. Berarti, totalnya ada 53," ucap Jokowi ditemui usai peresmian.

Jokowi menilai, keberadaan bendungan ini sangat penting bagi masyarakat. Mengingat, air sendiri merupakan sumber kehidupan.

"Air adalah sumber kehidupan. Oleh sebab itu, harus dikelola dengan baik untuk manfaat rakyat, untuk manfaat masyarakat, untuk manfaat petani," ungkapnya.

Jokowi mengatakan, Bendungan Leuwikeris ini dibangun sejak 2016 dengan memiliki luas genangan mencapai 243 hektare dengan volume daya tampung hingga 81 juta meter kubik air.

"Daya tampung di bendungan Leuwikeris ini 81 juta meter kubik air ini, gede sekali, dikerjakan 8 tahun," tandasnya.

Topik Menarik