Adik Raffi Ahmad Tiba-Tiba Dilantik Jadi Anggota DPRD Jabar Meski Perolehan Suaranya Kalah, PAN Buka Suara

Adik Raffi Ahmad Tiba-Tiba Dilantik Jadi Anggota DPRD Jabar Meski Perolehan Suaranya Kalah, PAN Buka Suara

Nasional | okezone | Selasa, 3 September 2024 - 14:01
share

JAKARTA Waketum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi buka suara terkait alasan Thoriqoh Nashrullah Fitriyah mundur dari anggota DPRD Jabar terpilih periode 2019-2024. Mundurnya Thoriqoh membuat adik Raffi Ahmad, Nisya Ahmad bisa melenggang jadi Anggota DPRD Jabar.

Viva tak menjelaskan secara detail alasan Thoriqoh mendadak mundur dari anggota DPRD Jabar terpilih. Dia hanya menyatakan bahwa Thoriqoh mengundurkan diri karena mendapatkan penugasan dari partai.

Bu Thoriqoh secara resmi mengundurkan diri sebagai anggota legislatif terpilih karena akan mendapatkan penugasan dari partai ke tempat yang baru, ucap Viva Yoga kepada wartawan, Selasa (3/9/2024).

NisyaAhmadtelah resmi dilantik menjadi Anggota DPRD Jawa Barat periode 2024-2029 di Gedung Merdeka, Kota Bandumg, Senin (2/9/2024). Nisya memperoleh 50.422 suara dari Daerah pemilihan (Dapil) Jabar II meliputi daerah Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jabar, Adi Saputro menjelaskan, di dapil tersebut ada nama lain yang lebih unggul suara dariNisyaAhmad. Dia adalah Thoriqoh Nashrullah Fitriyah dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang mendapat 58.495 suara.

Hanya saja, Thoriqoh yang juga pernah menjabat sebagai anggota DPRD Jabar periode 2019-2024 itu telah mengundurkan diri, sehingga posisinya digantikanNisyaAhmad.

"Partai politik memberikan surat ke KPU, baru kami klarifikasi dengan syarat mengudang partai politik dan caleg terpilih. Kami klarifikasi, betul tidak. Jangan sampai bahasa mengundurkan diri, tapi orang yang bersangkutan tidak merasa mengundurkan diri," kata Adi.

Setelah dilakukan klarifikasi, kata Adi, pihaknya kemudian mengundang partai politik dan anggota legislatif terpilih yang mengundurkan diri.

"Setelah itu, kami membuat berita acara, sudah clear, berarti kami revisi penetapan caleg terpilih, termasuk Bu Thoriqoh itu. Jadi MbakNisyaAhmaditu adalah pengganti calon terpilih karena Bu Thoriqoh mengundurkan diri," ungkapnya.

Adi mengaku, tidak tahu pasti apa alasannya pengunduran dirinya. Sebab, selain Thoriqoh terdapat sejumlah anggota DPRD Jabar terpilih lainnya yang juga mengundurkan diri.

"Tidak hanya Bu Thoriqoh sebenarnya, yang sudah mengundurkan diri ada yang menjadi calon kepala daerah, ada yang meninggal, dan segala macam," ucapnya.

"Ada, Lucky Hakim (Partai NasDem) mengundurkan diri, yang meninggal dunia itu dua, tapi saya lupa lagi dari PAN dan PKB. Lalu dari PKS mengundurkan diri," tambahnya.

Topik Menarik