Risma Mundur, Jokowi Tunjuk Muhadjir Effendy Jadi Plt Mensos

Risma Mundur, Jokowi Tunjuk Muhadjir Effendy Jadi Plt Mensos

Nasional | okezone | Jum'at, 6 September 2024 - 11:36
share

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menko PMK Muhadjir Effendy sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Sosial. Penunjukan Muhadjir usai Tri Rismaharini resmi mengundurkan diri dari Mensos untuk maju di Pilgub Jawa Timur 2024.

"Pada hari ini, tanggal 6 September 2024, telah diterbitkan Keppres No. 100/P Tahun 2024 tentang pemberhentian dengan hormat, Ibu Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial  Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya kepada bangsa dan negara selama memangku jabatan tersebut," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam keterangannya, Jumat (6/9/2024).

Ari menjelaskan bahwa Keppres tesebut merupakan tindak lanjut dari permohonan pengunduran Tri Rismaharini sebagai Mensos yang telah disetujui oleh Presiden Jokowi.

Ari juga mengungkapkan bahwa permohonan pengunduran diri Risma terkait pencalonan dan pendaftaran sebagai bakal calon gubernur Jawa Timur 2024-2029.

"Presiden juga menunjuk Bapak Muhajir Effendy, Menko PMK, sebagai Pelaksana Tugas, Wewenang dan Tanggungjawab Mensos sampai diangkatnya  Mensos definitif," ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sudah menandatangani surat pengunduran diri Risma dari Mensos.

Risma maju Pilgub Jatim 2024 berpasangan dengan Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans. Pasangan ini diusung oleh PDI Perjuangan dan Partai Hanura.

Topik Menarik