Bareskrim Tegaskan Belum Temukan Penyimpangan Dana PON Aceh-Sumut

Bareskrim Tegaskan Belum Temukan Penyimpangan Dana PON Aceh-Sumut

Nasional | okezone | Rabu, 18 September 2024 - 20:24
share

JAKARTA - Direktur Tindak Pidana Korupsi (Dirtipidkor) Bareskrim Polri, Brigjen Cahyono Wibowo menegaskan, pihaknya belum menemukan penyimpangan dana pembangunan venue penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 di Aceh dan Sumatra Utara (Sumut).

“Terkait penyimpangan kami belum menemukan. Hanya itu pemberitaannya saja,” tegas Cahyono dalam Konferensi Pers bersama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) secara virtual, Rabu (18/9/2024).

Bahkan, Cahyono menegaskan, tim yang telah diturunkan ke venue penyelenggaraan pesta olahraga terbesar se-Indonesia itu untuk melakukan pendampingan, bukan untuk mengusut adanya penyimpangan dana.

“Kemudian pemberitaan itu kami ralat, sempat kami ralat bahwa tim kami yang turun itu dalam rangka pendampingan, sebagaimana tugas yang kami sampaikan tadi,” tambah Cahyono.

 

Lebih lanjut, Cahyono memastikan bahwa pihaknya belum menemukan indikasi yang mengarah kepada penyimpangan dana penyelenggaraan PON. 

“Jadi memang ada terdapat ketemuan anomali tapi sifatnya masih belum temuan yang bersifat (penyimpangan),” bebernya.

“Jadi dengan adanya perbaikan pemberitaan itu sebenarnya semua permasalahan sudah clear,” pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo merespon isu penyelewengan dana PON di Aceh dan Sumut. Dia menegaskan bahwa sebenarnya bahwa itu bukan dugaan korupsi.

“Oh bukan, itu sebenarnya bukan dugaan korupsi. Itu kan rame di media ada yang belum selesai dan orang-orang bilang itu pasti korupsi,” ujar Dito usai menghadiri Sidang Kabinet Paripurna terakhir di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim) beberapa waktu lalu. 

Topik Menarik