Menegangkan, Kapal Cepat Tabrak Dermaga

Menegangkan, Kapal Cepat Tabrak Dermaga

Nasional | okezone | Kamis, 19 September 2024 - 12:31
share

TERNATE - Kepanikan terjadi di Dermaga Ahmad Yani, Ternate, saat kapal cepat MV Miko Natalia 88, kehilangan kendali dan menabrak tembok di salah satu sisi dermaga. Penumpang yang sebagian sudah turun dari kapal, panik karena kapal tiba-tiba bergerak tanpa kendali.  

Bahkan, beberapa penumpang nekat meloncat dari atas kapal ke dermaga. Sedangkan, penumpang lainnya lari berhamburan menjauh dari kapal. Kapal yang membawa 179 penumpang dan 9 ABK ini, terus bergerak dan baru terhenti setelah menabrak jembatan penyeberangan.
 
Akibatnya, lambung kapal MV Miko Natalia 88 mengalami rusak berat, dan segera dilakukan perbaikan di tempat. Diduga, kapal yang bertolak dari Pelabuhan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat tujuan Ternate ini, mengalami gagal fungsi pada bagian haluan. Kini, nahkoda dan mualim satu kapal cepat, menjalani pemeriksaan di Kantor Kesyahbadaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas 2 Ternate.

Menurut Kasi Keselamatan Berlayar dan Patrolo, Sugandi, insiden itu terjadi karena adanya salah satu alat yang tidak berfungsi saat kapal akan bersandar di bandara. "Kapal mengalami disfungsi handle. Dimana saat handle dinetralkan mesin tetap berputar sehingga kecepatan kapal masih laju," kata Sugandi. (Ismail Sangaji)
 

Topik Menarik