Prabowo Minta Seluruh Kabinet Merah Putih Gunakan Mobil Buatan Anak Bangsa

Prabowo Minta Seluruh Kabinet Merah Putih Gunakan Mobil Buatan Anak Bangsa

Nasional | okezone | Senin, 28 Oktober 2024 - 14:11
share

JAKARTA - Presiden Prabowo Subianto meminta seluruh jajaran Kabinet Merah Putih menggunakan mobil buatan dalam negeri atau karya anak bangsa. 

Awalnya Prabowo mengungkapkan bahwa dia ingin menggunakan kendaraan Maung sebagai kendaraan resmi kenegaraannya, sebab dia bangga bisa menggunakan produksi mobil dalam negeri.

"Kehormatan bangsa, kebanggaan, sebaiknya kita bisa pakai produk kita sendiri" kata dalam keterangan resmi yang dibagikan pada Senin (28/10/2024).

Prabowo, mengatakan ia telah merencanakan tidak hanya presiden saja yang bisa menggunakan Maung Garuda, melainkan juga Menteri/Wakil Menteri, Gubernur/Walikota agar sebagai bentuk kehormatan dan kebanggaan atas produksi bangsa sendiri.

"Jadi saya sudah merencanakan kemungkinan besar nanti semua menteri, semua wakil menteri, dirjen, pejabat mungkin tingkat gubernur bupati walikota sebaiknya menggunakan kendaraan buatan bangsa Indonesia sendiri," katanya.

Seperti diketahui, kendaraan Maung Garuda produksi PT Pindad Bandung, Jawa Barat ini telah beberapa kali digunakan Prabowo dalam berbagai kesempatan acara kenegaraan pasca resmi dilantik sebagai Presiden RI.

Prabowo berangkat dari kediaman menuju Gedung MPR/DPR RI iring-iringan dengan mobil Maung Garuda jenis MV3 dengan total delapan mobil dan senada semua berwarna putih.

 

Kemudian, ketika Prabowo mengantarkan kepulangan Presiden RI ke-7 Jokowi menuju Bandara Halim Perdana Kusuma untuk kembali ke Solo juga menggunakan kendaraan yang sama.

Pada saat menghadiri Retreat Kabinet Merah Putih, Prabowo juga gunakan kendaraan Maung Garuda itu untuk menyapa warga Magelang di sepanjang jalan Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah.

“Ya saya suka aja, saya suka aja warnanya cerah, begitu,” kata Prabowo, saat ditanya mengapa menyukai kendaraan warna putih.

Topik Menarik