Klarifikasi Sekjen PKS soal Kaesang: Bukan Menyerang Pihak Tertentu

Klarifikasi Sekjen PKS soal Kaesang: Bukan Menyerang Pihak Tertentu

Terkini | okezone | Jum'at, 5 Juli 2024 - 14:50
share

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ) Habib Aboe Bakar Al Habsyi mengklarifikasi, pernyataannya yang menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyodorkan Kaesang Pangarep ke sejumlah partai politik untuk maju ke Pilkada Jakarta 2024 bukanlah bentuk menyerang pihak tertentu.

Anggota Komisi III DPR RI itu juga menegaskan bahwa pernyataannya itu bukan inisiatif pribadi atau sebagai pengurus partai. Ia menerangkan, pernyataan itu sebagai bentuk jawaban atas pertanyaan awak media.

Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan terkait dengan pernyataan saya mengenai Pilkada Jakarta, yang memenuhi ruang publik belakangan ini. Penting bagi saya untuk meresponsnya, kata Habib Aboe dalam keterangan tertulis yang dikutip, Jumat (5/7/2024).

Habib Aboe menjelaskan, pernyataan itu terlontar saat ditanya soal dinamika Pilkada Jakarta, terutama mengenai calon-calon yang mencuat oleh awak media. Pertanyaan itu selaras lantaran proses tahapan Pilkada Serentak 2024 sudah berjalan.

"Saat itu saya menjawab pertanyaan media, jadi bukanlah inisiatif pribadi atau sebagai sekjen untuk menyebut satu nama. Jadi, murni menjawab pertanyaan media," katanya.

Namun, Habib Aboe memaklumi dan publik sudah memahami bahwa dinamika politik menjelang Pilkada 2024 sangat tinggi. Hal ini termasuk silaturahmi sejumlah partai, maupun munculnya sejumlah figur yang maju dalam Pilkada Jakarta 2024.

"Hal ini tentu lumrah terjadi di alam demokrasi seperti Indonesia yang kita cintai. Oleh karena itu, pernyataan saya bukan dalam konteks menyerang pribadi maupun pihak-pihak tertentu, ujar Bendahara Fraksi PKS DPR itu.

Menurutnya, perbedaan pendapat dalam demokrasi tentu merupakan hal yang lumrah, namun tetap dalam koridor aturan yang sudah ditentukan. Pernyataan sejumlah pihak sudah jelas dan sudah disampaikan kepada media. Pernyataan itu tidak lain sebagai bentuk autokritik terhadap pernyataan saya," ucapnya.

Atas dasar itu, Habib Aboe mengajak seluruh pihak agar momen Pilkada Serentak 2024 benar-benar melahirkan para pemimpin yang mengayomi dan membela kepentingan rakyat.

Topik Menarik