Sandiaga Uno: Ideafest Momentum Kembangkan Inovasi Sektor Parekraf

Sandiaga Uno: Ideafest Momentum Kembangkan Inovasi Sektor Parekraf

Terkini | okezone | Minggu, 29 September 2024 - 08:30
share

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyebut, Ideafest menjadi momentum mengembangkan inovasi untuk memperkuat sektor parekraf.

Sandi mengatakan, Ideafest yang digelar pada 26-29 September 2024 adalah event yang menjadi wadah bagi para pelaku UMKM, terutama di sektor parekraf untuk saling berbagi ide-ide kreatif dan berkolaborasi untuk mengembangkan berbagai inovasi baru di sektor parekraf. 

"IdeaFest dulu dimulai dari sebuah event yang penuh dengan ide-ide kreatif, dan berkembang setelah 13 tahun menjadi event terbesar untuk ekonomi kreatif di Indonesia," ujarnya saat menghadiri Ideafest 2024 di Jakarta Convention Center, Jumat, 27 September 2024, mengutip laman Kemenparekraf.

Ia menjelaskan, ide-ide kreatif yang tertuang dalam event ini patut diapresiasi dan dimanfaatkan dalam upaya memperkuat sektor ekraf di Indonesia. Ekonomi kreatif di Indonesia menempati posisi yang penting karena telah berhasil menyumbang 7,8 persen terhadap perolehan produk domestik bruto (PDB) nasional.

(Foto: dok. Kemenparekraf)

"Ini merupakan kontribusi salah satu yang terbesar dalam penciptaan lapangan kerja dengan 25 juta lapangan kerja, dan ekspor mencapai hampir 25 miliar dolar AS," sambungnya.

Oleh karenanya, Sandi pun mengungkapkan komitmennya untuk mengembangkan sektor ekraf di Tanah Air demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembukaan peluang usaha dan lapangan kerja.

Pada kesempatan tersebut, Sandi juga menyerahkan penghargaan Idea Awards kepada sejumlah tokoh yang dianggap menghadirkan ide-ide kreatif dan inovatif. Beberapa tokoh tersebut di antaranya Jaksa Agung ST. Burhanuddin; Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim; dan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

 

Luncurkan Program Aksilarasi
Tidak hanya menyerahkan Idea Awards, Menparekraf Sandi juga turut meluncurkan program Aksi Selaras Sinergi (Aksilarasi). 

Aksilarasi adalah program yang bertujuan untuk memfasilitasi distribusi produk unggulan hasil kreativitas masyarakat di daerah yang telah melewati program inkubasi kreatif di destinasi super prioritas yang terdiri dari subsektor musik, film, penerbitan, seni pertunjukan, dan seni rupa untuk mempercepat transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

"Program Aksilarasi dilaksanakan dengan pendekatan community development yang berfokus pada pendampingan untuk membantu masyarakat dalam proses penciptaan produk kreatif unggulan hingga tahap monetisasi untuk mengisi ruang dan kebutuhan destinasi super prioritas," paparnya.

Program ini, kata dia, dimulai dari pemetaan potensi di lima destinasi super prioritas (Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang). Dilanjutkan inkubasi kreatif bagi komunitas yang telah menghasilkan berbagai macam produk hasil kreativitas unggulan daerah, mencakup produk subsektor musik, film, penerbitan, seni pertunjukan, dan seni rupa. 

"Produk hasil inkubasi kemudian memasuki tahap digitalisasi produk dan pada tahun ini produk kreatif Aksilarasi telah memasuki tahap launching untuk distribusi dan komersialisasi," jelas Sandi.

Topik Menarik